ANALISIS ANTENA MIKROSTRIP FRAKTAL SIERPINSKI GASKET MIMO

Syarifah Muthia Putri

  • Syarifah Muthia Putri

Abstract

Kebutuhan telekomunikasi adalah hal yang sangat utama pada saat ini. Kebutuhan akan layanan
telekomunikasi juga semakin meningkat dari waktu ke waktu. Perkembangan layanan telekomunikasi saat ini menuntut agar telekomunikasi memiliki kecepatan transmisi data yang tinggi. LTE adalah teknologi
telekomunikasi dengan kecepatan transmisi data tinggi yang sedang dikembangkan saat ini. Salah satu
perangkat yang dibutuhkan pada teknologi tersebut adalah antena. Antena yang dapat mendukung teknologi tersebut juga dikembangkan menjadi antena mikrostrip MIMO (Multiple Input Multiple Output). Analisis dan optimasi feedline antena mikrostrip dilakukan pada simulator CST 2010 untuk menghasilkan antena dengan spesifikasi yang diinginkan. Hasil akhir yang diperoleh adalah dengan nilai VSWR ≤ 2 bandwidth yang diperoleh pada hasil realisasi lebih lebar dibandingkan bandwidth yang diperoleh dari CST 2010, parameter s ≤20dB, pola radiasi adalah unidireksional, faktor korelasi mendekati nilai nol, diversity gain ≥ 9, polarisasi adalah elips. Dari hasil yang diperoleh antena yang dirancang dan direalisasikan memiliki bandwidth ≤ 100 MHz sesuai lebar pita pada teknologi LTE, namun antena tersebut masih bisa digunakan untuk teknologi LTE.

Published
2018-03-12
How to Cite
, Syarifah Muthia Putri. ANALISIS ANTENA MIKROSTRIP FRAKTAL SIERPINSKI GASKET MIMO. Jurnal Elektro dan Telkomunikasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 55-61, mar. 2018. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/elektrotelkomunikasi/article/view/145>. Date accessed: 16 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.