IMPLEMENTASI FILTER RC PADA REDUKSI HARMONISA DALAM PENGOBATAN CERAGEM

Faisal Irsan Pasaribu

  • Faisal Irsan Pasaribu

Abstract

Penggunaan beban non-linier pada ceragem mengakibatkan distorsi harmonik yang berdampak pada buruknya kualitas daya. Pada penelitian ini, dirancang sebuah Filter RC untuk mengatasi distorsi harmonik pada beban ceragem di pengaturan suhu 60 ̊ C. Tahapan yang dilakukan yaitu: identifikasi jenis beban suhu 30 ̊ C, 40 ̊ C, 50 ̊ C dan 60 ̊ C pada ceragem dengan melakukan pengukuran harmonik, serta melakukan simulasi uji coba filter. Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa filter hasil yang dirancang dapat berfungsi dengan baik, dari pengujian terhadap beban ceragem di suhu 60 ̊ C terdapat reduksi harmonik arus yaitu dari 133,8 % menjadi 12,8 %.

Published
2018-03-12
How to Cite
, Faisal Irsan Pasaribu. IMPLEMENTASI FILTER RC PADA REDUKSI HARMONISA DALAM PENGOBATAN CERAGEM. Jurnal Elektro dan Telkomunikasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 62-66, mar. 2018. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/elektrotelkomunikasi/article/view/146>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.