POTENSI PEMANFAATAN JENIS MEDIA TANAM TERHADAP PERKECAMBAHAN BEBERAPA VARIETAS CABAI MERAH (Capsicum annum L.)

Maimunah Siregar; Refnizuida; Najla Lubis;

  • Maimunah Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pemanfaatan jenis media tanam terhadap perkecambahan beberapa varietas cabai merah (Capsicum annum L). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dimana faktor pertama adalah jenis media tanam yang terdiri dari 4 faktor yaitu : rockwall, arang sekam, cocopeat, dan pasir. Faktor kedua adalah varietas yang terdiri dari 3 varietas yaitu : varietas kirana, varietas pasemah, dan varietas kopay. Parameter yang diamati yaitu analisa arang sekam padi, analisa cocopeat, Persentase perkecambahan (%), tinggi tanaman (cm), dan jumlah daun (helai). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase perkecambahan sebesar 100 % akibat pemanfaatan
jenis media tanam dan beberapa varietas cabai merah (Capsicum annum L.), pemanfaatan jenis media tanam yang terbaik adalah media tanam rockwall untuk parameter tinggi tanaman 8,14 cm dan jumlah daun 5,06 helai. Penelitian tahap pertama diperoleh hasil untuk beberapa varietas cabai merah yang terbaik adalah varietas kirana untuk parameter tinggi tanaman 6,60 cm dan jumlah daun 4,96 helai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-24
How to Cite
, Maimunah Siregar. POTENSI PEMANFAATAN JENIS MEDIA TANAM TERHADAP PERKECAMBAHAN BEBERAPA VARIETAS CABAI MERAH (Capsicum annum L.). JASA PADI, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 11-14, sep. 2018. ISSN 2502-8936. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/249>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles