RESPON PEMBERIAN KOMPOS KULIT KOPI DAN URINE KUDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BROKOLI (BRASSICA OLERACEA. VAR.ITALICA)

Refnizuida; Ruth Riah Ate Tarigan; Aditia Fitri Kani T

  • Refnizuida

Abstract

Menghasilkan brokoli organik dapat dilakukan dengan teknik budidaya yang baik, salah satunya dengan penggunaan kompos kulit kopi dan urine kuda. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui respon pemberian kompos kulit kopi dan urine kuda terhadap pertumbuhan dan produksi brokoli (Brassica oleracea var. Italica). Metoda penelitian Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial terdiri atas 2 faktor. Faktor pertama pemberian kompos kulit kopi yang terdiri atas R0 = kontrol, R1 = 150 g/lubang tanam, R2 = 300 g/lubang tanam dan R3 = 450 g/lubang tanam. Faktor kedua pemberian urine kuda yang terdiri atas A0 = kontrol, A1 = 100 ml/lubang tanam, A2 = 200 ml/lubang tanam dan A3 = 300 ml/lubang tanam. Parameter pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun, produksi per sampel, produksi per plot dan jumlah cabang bunga per sampel. Hasil penelitian memperlihatkan pada pemberian kompos kulit kopi berpengaruh sangat nyata terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah daun, produksi per sampel, produksi per plot dan jumlah cabang bunga per sampel. Pada pemberian urine kuda hasilnya sangat nyata pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun dan produksi bunga per sample, berpengaruh nyata pada produksi bunga per plot dan tidak nyata pada jumlah cabang bunga per sampel. Pemberian kompos kulit kopi yang terbaik terdapat pada R3 (450 g/lubang tanam) dan pada perlakuan urine kuda pada A3 (600 ml/lubang tanam) dilihat dari hasil produksi bunga brokoli terbesar. Untuk interaksi kompos kuli kopi dan urine kuda tidak berpengaruh nyata pada parameter yang diamati.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-24
How to Cite
, Refnizuida. RESPON PEMBERIAN KOMPOS KULIT KOPI DAN URINE KUDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BROKOLI (BRASSICA OLERACEA. VAR.ITALICA). JASA PADI, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 22-33, sep. 2018. ISSN 2502-8936. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/252>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles