UJI PEMANGKASAN DAN PEMBERIAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PADI SALEBU

Marahadi Siregar; Julia Marisa; Samrin;

  • Marahadi Siregar

Abstract

Beras merupakan tanaman pangan penting di Indonesia. Kondisi ini mendorong kebutuhan untuk meningkatkan produksi beras nasional. Peningkatan produktivitas padi nasional juga diperlukan untuk mengurangi impor beras dan mencapai ketahanan dan swasembada. Upaya untuk meningkatkan produksi beras nasional adalah budidaya padi Salebu. Penelitian ini menggunakan desain split-perpecahan plot dengan alur areal 1m x 1m, di mana sebagai plot utama adalah rumus Booster beras organik dari batang dipangkas 15 cm (B) dan Batang dipangkas 30 cm (N). Pupuk kandang sapi organik (B1), pupuk kandang kambing organik (B2), pupuk kandang organik ayam (B3) dan tidak diberikan (NB) sebagai subplot sedangkan tiga varietas padi yang Ciherang, Mekongga dan Inpara sebagai sub petak. Parameter yang diamati potensi masing-masing varietas produksi di masing-masing plot semua perawatan (ton / ha) meliputi jumlah dan bobot gabah serta pertumbuhan padi meliputi tinggi tanaman, panjang malai dan jumlah anakan. Dari hasil penelitian awal bahwa produksi berat gabah perplot berpengaruh sangat nyata terhadap Vareitas Mikongga V2 (213,46). Untuk Vareitas Impara V3 berpengaruh sangat nyata terhadap Vareitas Mikongga V2. Parameter Berat Gabah Perplot setelah uji statistik menunjukan bahwa perlakuan vareitas Chiherang V1 (870,63 gr) tidak berpengaruh nyata terhadap Vareitas Impara V3 (872,08 gr)
Namun berpengaruh sangat nyata terhadap Vareitas Mikongga V2 (901,63 gr). Untuk Vareitas Impara V3 berpengaruh sangat nyata terhadap Vareitas Mikongga V2.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-24
How to Cite
, Marahadi Siregar. UJI PEMANGKASAN DAN PEMBERIAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PADI SALEBU. JASA PADI, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 34-36, sep. 2018. ISSN 2502-8936. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/253>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles