PENERAPAN SISTEM PERTANIAN ORGANIK DENGAN PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN PADA DESA CINTA DAME KECAMATAN SIMANINDO KABUPATEN SAMOSIR

Hanifah Mutia Z. N. Amrul; Dini Julia Sari Siregar; Ismail Dahlan

  • Hanifah Mutia Z. N. Amrul

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat khususnya di Desa Cinta Dame, kabupaten Samosir mengenai pemanfaatan limbah pertanian menjadi kompos. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam pengabdian  pada  Kelompok Tani Mandiri antara lain Pemanfaatan Tongkol Jagung sebagai Pupuk Kompos, Pembuatan Pestisida Nabati dari Daun Sirsak serta Pengukuraan pH Tanah untuk mengetahui kondisi kesuburan tanah. Metode yang digunakan diantaran Model Participatory Rural Appraisal (PRA). Model Participatory Tecnology Development Model Community development, pendekatan Persuasif dan pendekatan Edukatif. Mitra pada kegiatan Pengabdian ini adalah kelompok Tani Mandiri. Hasil yang diperoleh yaitu terlaksananya pelatihan pembuatan kompos dari tongkol jagung yang diikuti oleh 10 orang petani dari kelompok tani Mandiri. Pengukuran pH tanah pada 15  lokasi kebun petani dan pembuatan pestisida nabati dari daun sirsak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-21
How to Cite
, Hanifah Mutia Z. N. Amrul. PENERAPAN SISTEM PERTANIAN ORGANIK DENGAN PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN PADA DESA CINTA DAME KECAMATAN SIMANINDO KABUPATEN SAMOSIR. JASA PADI, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 21-25, jan. 2019. ISSN 2502-8936. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/432>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles