EFEKTIVITAS PUPUK KANDANG DARI KOTORAN SAPI, DOMBA DAN AYAM TERHADAP KADAR LEMAK KASAR, PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR RUMPUT GAJAH PADA DEFOLIASI KEDUA

Sri Setyaningrum; Ismail Dahlan;

  • Sri Setyaningrum

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengevaluasi sejauh mana efektivitas pupuk kandang dari kotoran sapi, domba dan ayam terhadap kadar lemak kasar, protein kasar dan serat kasar rumput gajah pada defoliasi kedua. Materi yang akan digunakan pada penelitian ini adalah stek rumput gajah, pupuk kandang dari kotoran sapi, pupuk kandang dari kotoran domba dan pupuk kandang dari kotoran ayam. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah sebagai berikut T0 = Rumput gajah tanpa pemberian pupuk kandang, T1 = Rumput gajah dengan pemberian pupuk kandang dari kotoran sapi, T2 = Rumput gajah dengan pemberian pupuk kandang dari kotoran domba, T3 = Rumput gajah dengan pemberian pupuk kandang dari kotoran ayam. Parameter yang diamati adalah kadar lemak kasar, protein kasar dan serat kasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penggunaan pupuk kandang berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap kadar lemak kasar dan kadar protein kasar namun tidak berbeda nyata terhadap kadar serat kasar rumput gajah. Kesimpulan penelitian adalah penggunaan pupuk kandang dari kotoran sapi, domba dan ayam meningkatkan kualitas nutrisi dilihat dari kadar lemak kasar, kadar protein kasar dan kadar serat kasar rumput gajah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-21
How to Cite
, Sri Setyaningrum. EFEKTIVITAS PUPUK KANDANG DARI KOTORAN SAPI, DOMBA DAN AYAM TERHADAP KADAR LEMAK KASAR, PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR RUMPUT GAJAH PADA DEFOLIASI KEDUA. JASA PADI, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 34-38, jan. 2019. ISSN 2502-8936. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/435>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles