PEMBUATAN SEMEN BEKU SAPI SIMMENTAL MENGGUNAKAN PENGENCER TRIS KUNING TELUR DITAMBAH MINYAK ATSIRI JERUK MANIS DI DESA UJUNG TERAN

Sukma Aditya Sitepu;

  • Sukma Aditya Sitepu

Abstract

Usaha ternak sapi di Desa Ujung Teran Kabupaten Langkat masih melakukan sistem perkawinan dengan cara kawin alam, yaitu membiarkan betina dan pejantan sapi lokal melakukan perkawinan secara alami pada saat digembalakan maupun di dalam kandang sehingga mutu genetik jelek. Untuk meningkatkan produksi dan produktifitas ternak sapi dapat dilakukan dengan memanfaatkan terknologi reproduksi ternak seperti Inseminasi Buatan menggunakan semen beku Sapi Simmental. Penambahan minyak atsiri dalam pengencer tris kuning telur dapat meningkatkan kualitas semen beku. Sapi Simmental memiliki keunggulan antara lain bobot badan dan pertumbuhan yang tinggi. Pelaksanaan pengabdian masyarakat diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat peternak sapi di Desa Ujung Teran Kabupaten Langkat untuk beralih dari sistem perkawinan alam ke Inseminasi Buatan dengan menggunakan semen beku Sapi Simmental. Pelaksanaan Inseminasi Buatan menggunakan semen beku Sapi Simmental diharapkan akan meningkatkan produksi dan produktifitas ternak sapi di Desa Ujung Teran Kabupaten Langkat. Hasil pengabdian kepada masyarakat adalah peternak paham dan mau melakukan perkawinan ternak dengan Inseminasi Buatan serta mengetahui cara pembuatan semen beku sapi, cara mengavulasi kualitas semen beku, tata cara pelaksanaan Inseminasi Buatan dengan menggunakan semen beku dan evaluasi keberhasilan Inseminasi Buatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-11
How to Cite
, Sukma Aditya Sitepu. PEMBUATAN SEMEN BEKU SAPI SIMMENTAL MENGGUNAKAN PENGENCER TRIS KUNING TELUR DITAMBAH MINYAK ATSIRI JERUK MANIS DI DESA UJUNG TERAN. JASA PADI, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 12-15, oct. 2019. ISSN 2502-8936. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/600>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles