ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHA PENGGEMUKAN DOMBA POTONG DI KELURAHAN BANDAR SENEMBAH KOTA BINJAI

Julia Marisa;

  • Julia Marisa

Abstract

Pengelolaan faktor-faktor produksi yang tepat dan efesien akan mempengaruhi pendapatan peternak domba potong. Jika produksi meningkat, akan dapat meningkatkan pendapatan peternak domba potong. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara skala usaha, benih, pakan, obat-obatan dan tenaga kerja dengan produksi usaha penggemukan domba di Kecamatan Bandar Sinembah Kota Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu peneliti yang menggambarkan kondisi variabel usaha penggemukan domba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peternak domba dengan tujuan pemeliharaan untuk penggemukan. Metode pengumpulan data dilakukan secara survei terhadap 7 peternak domba. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Chi-Squre dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan (nyata) antara luas areal usaha, bahwa terdapat hubungan yang signifikan (nyata) antara skala usaha, bibit, pakan, obatobatan dan tenaga kerja dengan produksi usaha penggemukan domba potong di Bandar Senembah Kota Binjai. Dengan keeratan hubungan antara skala usaha dan obat-obatan dengan produksi sebesar 88,9 %, dan keeratan hubungan bibit dan pakan dengan produksi sebesar 92,1% serta keeratan hubungan tenaga kerja dengan produksi sebesar 73,4 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-11
How to Cite
, Julia Marisa. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHA PENGGEMUKAN DOMBA POTONG DI KELURAHAN BANDAR SENEMBAH KOTA BINJAI. JASA PADI, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 16-23, oct. 2019. ISSN 2502-8936. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/601>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles