PELATIHAN MENGHITUNG ANALISIS USAHA PENGGEMUKAN DOMBA DI KELURAHAN BANDAR SENEMBAH KOTA BINJAI

Julia Marisa;

  • Julia Marisa

Abstract

Usaha penggemukan domba merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani dan meningkatkan pendapatan. Dalam pelaksanaan usaha penggemukan domba, peternak berharap memperoleh keberhasilan dalam melaksanakan usahanya. Salah satu parameter yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan usaha penggemukan domba adalah tingkat keuntungan yang diperoleh dengan cara pemanfaatan faktor-faktor produksi secara efisien. Tujuan dari pelaksanan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melakukan pengenalan kepada peternak mengenai analisis pendapatan usaha penggemukan domba di Kecamatan Bandar Senembah Kota Binjai untuk mengetahui besarnya pendapatan peternak dan mengukur tingkat keberhasilan dalam melaksanakan usahanya. Metode
yang dilakukan adalah memberikan penyuluhan (ceramah) dan praktek langsung menghitung analisis usaha
penggemukan domba milik peternak. Hasil pengabdian kepada masyarakat adalah peternak domba potong
di Kecamatan Bandar Senembah Kota Binjai dapat melakukan analisis keuntungan usahanya untuk mengukur berhasil tidaknya kegiatan usaha, menemukan komponen utama pendapatan dan apakah komponen itu masih dapat ditingkatkan atau tidak sehingga akan diperoleh pendapatan yang maksimal.

Published
2020-01-23
How to Cite
, Julia Marisa. PELATIHAN MENGHITUNG ANALISIS USAHA PENGGEMUKAN DOMBA DI KELURAHAN BANDAR SENEMBAH KOTA BINJAI. JASA PADI, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-3, jan. 2020. ISSN 2502-8936. Available at: <http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/762>. Date accessed: 01 oct. 2020.
Section
Articles