SOSIALISASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK STREPTOMSIN DAN MINYAK ATSIRI JERUK MANIS UNTUK PEMBUATAN SEMEN CAIR SAPI SIMMENTAL DI DESA NAMUKUR KABUPATEN LANGKAT

Sukma Aditya Sitepu;

  • Sukma Aditya Sitepu

Abstract

Peternak sapi di Desa Namukur Kabupaten Langkat sudah banyak yang melakukan program Inseminasi Buatan untuk perkawinan ternak sapi mereka dengan menggunakan semen Sapi Simmental. Namun persentase keberhasilan kebuntingan masih rendah, salah satunya disebabkan oleh adanya bakteri dalam semen cair. Pengetahuan peternak sapi mengenai bahan pengencer semen cair Sapi Simmental, seperti penggunaan antibakteri masih kurang. Untuk meningkatkan pengetahuan peternak mengenai pengaruh bakteri di dalam semen cair dan cara membunuh dan menghambat kerja bakteri, dilakukan sosialisasi mengenai bahaya kontaminasi bakteri di dalam semen cair sapi sekaligus memperkenalkan streptomsin dan minyak atsiri jeruk manis yang dapat digunakan sebagai antibakteri untuk menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri yang terdapat di dalam semen cair Sapi Simmental. Pelaksanaan pengabdian masyarakat diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat peternak sapi di Desa Namukur Kabupaten Langkat mengenai Inseminasi Buatan menggunakan semen cair Sapi Simmental, khususnya mengenai pemanfaatan streptomisin dan minyak atsiri jeruk manis untuk menghambat dan membunuh bakteri di dalam semen cair Sapi Simmental. Hasil pengabdian kepada masyarakat adalah peternak sapi telah mengetahui efek buruk bakteri terhadap semen cair sapi dan cara mengatasinya yaitu dengan menambahkan antibiotik seperti streptomisin serta minyak atsiri jeruk manis pada bahan pengencer semen. Selain itu peternak sapi lebih memahami tentang penggunaan semen cair untuk Inseminasi Buatan.

Published
2020-01-23
How to Cite
, Sukma Aditya Sitepu. SOSIALISASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK STREPTOMSIN DAN MINYAK ATSIRI JERUK MANIS UNTUK PEMBUATAN SEMEN CAIR SAPI SIMMENTAL DI DESA NAMUKUR KABUPATEN LANGKAT. JASA PADI, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 8-10, jan. 2020. ISSN 2502-8936. Available at: <http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/764>. Date accessed: 30 sep. 2020.
Section
Articles