PENGOLAHAN LIDAH BUAYA (Aloevera) MENJADI JELLY UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA KLAMBIR V KEBUN DUSUN II KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG

Refnizuida; Zamriyetti;

  • Refnizuida

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap Dosen di perguruan tinggi. Kegiatan yang dilakukan oleh Tim Pengabdian UNPAB berjudul Pengolahan Aloevera (Lidah Buaya) Menjadi Jelly Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Klambir Lima Kebun Dusun XV Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang adalah merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Klambir Lima Kebun Dusun XV Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Berdasarkan permasalahan yang disampaikan adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang manfaat lidah buaya, cara pengolahan dan pengemasan yang menarik untuk dapat dipasarkan serta kualitas IPTEK masyarakat yang relatif masih rendah. Dengan adanya pengolahan lidah buaya (Aloe vera) dapat menambah pendapatan masyarakat di Desa Klambir Lima Kebun Dusun XV Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Dimana masyarakat mampu melakukan pengolahan lidah buaya setelah dilakukan pelatihan-pelatihan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan mampu bersaing diluar. Untuk dapat memecahkan masalah yang ada tersebut, maka kegiatan ini akan dilakukan pada hari Sabtu 27 Juli 2019 dalam bentuk : 1) Transfer pengetahuan seperti ceramah dan diskusi, 2) Pendampingan tentang pengolahan lidah buaya menjadi jelly, 3) Pelatihan dan praktek. Melalui pengabdian ini diharapkan tujuan dan target yang ingin dicapai pada kegiatan ini seperti : a) masyarakat dapat menambah ilmu pengetahuan tentang lidah buaya dan berbagai pengolahannya, b) masyarakat mampu melakuakn pengolahan lidah buaya menjadi jelly dengan baik yang selanjutnya dapat dipasarkan untuk menambah pendapatan, c) terciptanya bentuk kerja sama yang sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat dalam bentuk pengabdian mayarakat.

Published
2020-01-23
How to Cite
, Refnizuida. PENGOLAHAN LIDAH BUAYA (Aloevera) MENJADI JELLY UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA KLAMBIR V KEBUN DUSUN II KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG. JASA PADI, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 15-17, jan. 2020. ISSN 2502-8936. Available at: <http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/766>. Date accessed: 30 sep. 2020.
Section
Articles