PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN Indigofera Sp. DALAM RANSUM TERHADAP BOBOT POTONG, BOBOT KARKAS DAN PERSENTASE KARKAS AYAM BROILER (Gallus Domesticus)

Magdalena Siregar; Novelinda Harefa;

  • Magdalena Siregar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan tepung daun Indigofera dalam ransum terhadap bobot potong, bobot karkas dan persentase karkas ayam broiler umur 35 hari. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Komposisi dari perlakuan ransum adalah P0 (0 %), P1(5 %), P2 (10 %), P3 (15 %) dan P4 (20 %). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung daun Indigofera memberikan pengaruh sangat nyata terhadap bobot potong dan bobot karkas dan berpengaruh tidak nyata terhadap persentase karkas ayam broiler umur 35 hari. Penggunaan tepung daun Indigofera sebaiknya sampai level 10% dalam ransum ayam broiler.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-23
How to Cite
, Magdalena Siregar. PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN Indigofera Sp. DALAM RANSUM TERHADAP BOBOT POTONG, BOBOT KARKAS DAN PERSENTASE KARKAS AYAM BROILER (Gallus Domesticus). JASA PADI, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 39-42, jan. 2020. ISSN 2502-8936. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/770>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles