PEMBERDAYAAN KARANG TARUNA DAN IBU PKK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI DESA TIMBANG LAWAN KECAMATAN BAHOROK KABUPATEN LANGKAT

Suryani Sajar; Refnizuida;

  • Suryani Sajar

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan kelompok Karang Taruna dan ibu PKK yang tidak produktif menjadi masyarakat yang mandiri secara ekonomi. Permasalahan yang ditemui dilapangan adalah Karang Taruna sudah ada di Desa Timbang Lawan tetapi tidak terlalu aktif dan belum pernah mendapatkan pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Oleh karena itu, penyuluhan, pelatihan, dan pengenalan proses budidaya jamur tiram putih merupakan satu langkah yang tepat dalam mengembangkan potensi swadaya masyarakat dalam berwirausaha. Kegiatan pengabdian dosen ini dilaksanakan selama enam (6) bulan yang dimulai dari survey dan observasi lapangan sampai dengan kegiatan pengabdian yang berisikan kegiatan ceramah, diskusi dan praktek. Luaran dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah (1) Terwujudnya usaha budidaya jamur tiram dengan memanfaatkan bahan-bahan dari alam, ramah lingkungan, dan bersifat mandiri di kalangan anak muda dan ibu PKK 2) Jurnal Terpublikasi yang ber-ISSN (3). Publikasi di media massa.

Published
2020-01-23
How to Cite
, Suryani Sajar. PEMBERDAYAAN KARANG TARUNA DAN IBU PKK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI DESA TIMBANG LAWAN KECAMATAN BAHOROK KABUPATEN LANGKAT. JASA PADI, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 49-57, jan. 2020. ISSN 2502-8936. Available at: <http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/772>. Date accessed: 01 oct. 2020.
Section
Articles