Analisis Strategis Peningkatan Kesejahteraan Nelayan Melalui Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Di Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara

Annisa Ilmi Faried; Diwayana Putri Nasution;

  • Annisa Ilmi Faried Lubis

Abstract

Pemerintah mempunyai peranan penting dalam setiap program yang dibuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Adapun strategi pemerintah dalam menanggulangi kesejahteraan masyarakat pesisir menjadi sedikit teratasi dalam upaya peningkatan pembangunan pesisir.Adapun strategi yang tengah dikembangkan pemerintah yaitu Analisis Hirarki Proses (AHP) yang mencakup kebijakan pemerintah, kualitas pelayanan, pengembangan akses modal, pembangunan fasilitas sekolah, pembangunan sarana dan prasarana, akses sumber daya perikanan, pengembangan keterampilan, dan penguasaan teknologi. Dengan adanya strategi pengembangan pembangunan pesisir ini diharapkan menjadi sebuah solusi dimana penyelesaiannya perlu dilakukan melalui strategi yang komprehensif dengan menempatkan sistem sosial-ekonomi dan nilai budaya yang sudah melekat didalam masyarakat sebagai faktor pendorong perubahan. Uji CFA : Dari tabel KMO and Bartlett's Test, didapat nilai Kaiser Mayer Olkin (KMO) Sebesar 0,547 dimana nilai tersebut lebih besar dari 0,5.  Nilai ini menandakan data sudah valid untuk dianalisis lebih lanjut dengan Analisis faktor. Nilai uji Barltet sebesar 53.965 dengan nilai signifikan sebesar 0.002 jauh di bawah 5%, maka matriks korelasi yang terbentuk merupakan  matriks identitas, atau dengan kata lain model faktor yang digunkan sudah baik. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan CFA (Confimatory Faktor Analys) untuk memilih variabel mana yang benar-benar berpengaruh terhadap variabel terikat dan metode analisis regresi berganda yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara terpisah maupun secara bersama-sama.

Published
2018-10-16
How to Cite
, Annisa Ilmi Faried Lubis. Analisis Strategis Peningkatan Kesejahteraan Nelayan Melalui Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Di Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik (JEpa), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 31-51, oct. 2018. ISSN 2527-2772. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/323>. Date accessed: 27 apr. 2024.