PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN AUDIT COMPLEXITY TERHADAP KETEPATAN WAKTU AUDIT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2013 – 2015

Nirmalasari;

  • Nirmalasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan audit complexity terhadap ketepatan waktu audit pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013 – 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu sebanyak 144 perusahaan. Dari populasi tersebut terdapat 70 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Audit Complexity berpengaruh signifikan terhadap Ketepatan Waktu Audit, dengan hasil uji koefisien determinasi sebesar 6.7% dari varian variabel Ketepatan Waktu Audit yang dapat dijelaskan oleh variabel Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Audit Complexity, dan 93.3% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial, Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Ketepatan Waktu Audit, Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Ketepatan Waktu Audit, Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ketepatan Waktu Audit, dan Audit Complexity tidak berpengaruh signifikan terhadap Ketepatan Waktu Audit.

Published
2018-10-16
How to Cite
, Nirmalasari. PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN AUDIT COMPLEXITY TERHADAP KETEPATAN WAKTU AUDIT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2013 – 2015. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik (JEpa), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 121-132, oct. 2018. ISSN 2527-2772. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/330>. Date accessed: 29 mar. 2024.