OPTIMALISASI KEPUASAN MELALUI PELAYANAN DAN KOMUNIKASI PADA SUPEMARKET Mr. BEN MEDAN

Herwan Nafil; Nasib;

  • Herwan Nafil

Abstract

Kepuasan pelangan merupakan salah satu strategi pemasaran dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan dalam jangka panjang. Banyak upaya yang dilakukan perusahaan yaitu dengan memberikan pelayanan dan komunikasi yang baik kepada para pelanggan. Supermarket Mr. Ben Medan terus berusaha dalam meningkatkan rasa kepuasan kepada para pelanggannya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pelayanan dan komunikasi terhadap kepuasan pelanggan pada Supermarket Mr. Ben Medan baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif eksplanatory. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan, dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada Supermarket Mr. Ben Medan yang berjumlah 400 orang. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Teknik penariksan sampling menggunakan rumus Slovin dengan alpha 10%. Sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden. Hasil penelitian pada hipotesis menunjukkan bahwa pelayanan dan komunikasi secara serempak maupun parsial menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dimana sebesar 0,751 (75,1%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 75,1% variasi variabel terikat yaitu Pelayanan dan Komunikasi pada model dapat menjelaskan variabel Kepuasan Pelanggan pada Supermarket MR. Ben Medan sedangkan sisanya sebesar 24,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.

Published
2019-09-30
How to Cite
, Herwan Nafil. OPTIMALISASI KEPUASAN MELALUI PELAYANAN DAN KOMUNIKASI PADA SUPEMARKET Mr. BEN MEDAN. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik (JEpa), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 111-118, sep. 2019. ISSN 2527-2772. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/596>. Date accessed: 28 mar. 2024.