KESULITAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

INDAH SARI;

  • Indah Sari

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memaparkan kesulitan belajar mahasiswa program studi budi daya perkebunan dalam penguasaan bahasa Inggris. Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa semester 1 T.A 2018/2019 sebanyak 100 mahasiswa program studi budi daya perkebunan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agribisnis. Analisis data menggunakan deskriptif kualititatif. Hasil penelitian ini adalah faktor – faktor penyebab kesulitan belajar pada mahasiswa berasal dari faktor internal dan eksternal yaitu tingkat inteligensi pada umumnya rendah, bakat terhadap mata kuliah bahasa Inggris rendah, minat belajar yang kurang serta motivasi belajar yang rendah pula. Mereka hadir dan menyelesaikan tugas hanya sebagai kewajiban dan untuk memperoleh nilai yang baik bukan untuk menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang sangat penting saat ini. Adapun faktor eksternal yang mempengaruhi mahasiswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris adalah lingkungan dimana kurangnya dukungan menggunakan bahasa Inggris di lingkungan rumah ataupun masyarakat serta terbatasnya atau kurangnya kesempatan menggunakan bahasa Inggris di luar kelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-27
How to Cite
, Indah Sari. KESULITAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. JUMANT, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 81-98, may 2019. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/506>. Date accessed: 28 dec. 2024.