EVALUASI PENGGUNAAN SISTEM E-FILING LOADER E-SPT ATAS PPh BADAN SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN INTERNAL DI KPP PRATAMA MEDAN POLONIA

Oktarini Khamilah Siregar; Nurul Aulia;

  • Oktarini Khamilah Siregar

Abstract

Sistem pelaporan online dalam pelaporan pajak yang diterapkan pihak Direktorat Jendral Pajak secara otomatis memberikan pilihan kemudahan bagi wajib pajak yang memiliki kesibukan padat namun ingin melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunannya dimana saja tanpa perlu mengantri menghabiskan waktu lama di tempat pelayanan terpadu. E-filing loader e-spt atas PPh Badan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia diharapkan dapat membantu pihak internal dalam mencapai target yang diharapkan melalui sistem nya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem E-filing loader e-spt atas PPh Badan apakah dapat membantu dalam upaya pengendalian internal melalui kriteria perencanaan sistem, proses pelaksanaan sistem, penggunaan sistem, dan manfaat dan tujuan sistem yang dimiliki. Berdasarkan evaluasi yang telah saya lakukan melalui sistem Wawancara terkait kriteria yang telah ditentukan menunjukkan bahwa penggunaan sistem E-filing loader e-spt atas PPh Badan sudah cukup membantu pihak pajak dalam mengumpulkan Surta Pemberitahuan Tahunan sebagai upaya pengendalian internal di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia.

Published
2019-04-05
How to Cite
, Oktarini Khamilah Siregar. EVALUASI PENGGUNAAN SISTEM E-FILING LOADER E-SPT ATAS PPh BADAN SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN INTERNAL DI KPP PRATAMA MEDAN POLONIA. JURNAL PERPAJAKAN, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 54-77, apr. 2019. ISSN 2685-5674. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jurnalperpajakan/article/view/452>. Date accessed: 25 apr. 2024.