ANALISIS MULTIMODAL PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui multimodal yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat yang bertujuan agar sumber daya manusia (SDM) semakin baik. Penelitiian ini bertujuan untuk menganalisis iklan layanan masyarakat) yang berbentuk visual. Analisis dalam pendekatan ini menggunakan pendekatan semiotik yang difokuskan kepada multimodal sistem yang meliputi aspek linguistik, visual, audio, gestural, dan letak (Anstey dan Bull 2010; Bateman dan Schmidt, 2012; dan Chandler, 2007). Secara lebih khusus, anal isis linguistik dan visual dilakukan dengan menggunakan model analisis Cheong (2004). Hasil analisis mengungkapkan bahwa kelima sistem multimodal ini terintegrasi di dalam iklan layanan masyarakat ini. Berkaitan dengan metafungsi bahasa, pada fungsi eksperiensial, penggunaan proses material sangat dominan (72,22%). Pada fungsi antarpersona, seluruh klausa menggunakan sistem mood deklaratif (100%). Sedangkan pada fungsi tekstual, tema tak bermarkah (TIM) mendominasi jenis tema yang digunakan (55,57%). Berkaitan dengan struktur generik iklan, unsur Penambah dan Informasi Nomor dan Tempat pemesanan tidak dijumpai di dalam unsur generik iklan ini.