PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RESTORAN CEPAT SAJI KFC CABANG ASIA MEGA MAS MEDAN

Ramadhan Harahap, SE., M.Si

  • Ramadhan Harahap

Abstract

Kualitas produk merupakan suatu barang atau jasa yang diproduksi dan memberikan nilai mutu yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat, kepuasan pelanggan menjadi salah satu yang terpenting dalam penilaian suatu produk. semakin puas pelanggan dengan produk yang digunakan maka semakin baik juga kualitas yang diberikan. Paper ini berjudul “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Cepat Saji KFC cbg. Asia Mega Mas, Medan”. Yang melatar belakangi penelitian ini adalah ketertarikan peneliti untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di restoran cepat saji KFC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh kualitas produk di KFC terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kuantitatif asosiatif yang bertujuan untuk mengukur pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Untuk menunjang penelitian, data diambil dari kuesioner kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan KFC cabang Asia Mega
Mas Medan sebanyak 30 orang. Data penelitian yang dianalisis dengan menggunakan model regresi linier sederhana yang menghasilkan persamaan regresi : Y = 21,915 + 0,534X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan restoran cepat saji KFC cabang Asia Mega Mas Medan, yang berarti apabila kualitas yang diberikan semakin baik, maka tingkat kepuasan pelanggan juga semakin tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-30
How to Cite
, Ramadhan Harahap. PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RESTORAN CEPAT SAJI KFC CABANG ASIA MEGA MAS MEDAN. JUMANT, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 77-84, may 2018. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/178>. Date accessed: 01 may 2024.