ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI KASUS KONSUMEN ALFAMART CABANG AYAHANDA)
DEWI NURMASARI PANE
Abstract
Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Teh Botol Sosro. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif yang menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif. Secara serempak bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli teh botol sosro. Berdasarkan hasil uji parsial dapat diketahui bahwa variabel tempat dan variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli teh botol sosro. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 25,5% variabel analisis bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi menjelaskan variasi terhadap variabel keputusan konsumen dalam melakukan pembelian Teh Botol Sosro. Sedangkan sisanya sebesar 74,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.