PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA PT ARTHA GITA SEJAHTERA MEDAN

RINDI ANDHIKA; DEWI NURMASARI PANE

  • Rindi Andika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen organisasi dan pengawasan terhadap disiplin kerja karyawan pada PT Artha Gita Sejahtera Medan. Setiap perusahaan memiliki masalah sendiri dalam proses mencapai tujuan organisasi, namun dalam perusahaan ini masalah komitmen organisasi, pengawasan dan penurunan disiplin kerja masih sering terjadi, hal inilah yang melatar
belakangi peneliti melakukan penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sifat penelitian dalam penelitian ini adalah bersifat eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan yang berjumlah 99 orang. Penentuan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dimana 99 orang karyawan dijadikan sampel dan 30 karyawan untuk uji validitas yang diambil dari perusahaan sejenis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen organisasi dan pengawasan secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja karyawan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,666 yang menunjukkan bahwa komitmen organisasi dan pengawasan berpengaruh terhadap disiplin karyawan dengan tingkat persentase 67%. Kesimpulan penelitian adalah Komitmen Organisasi dan Pengawasan berpengaruh signifikan positif terhadap Di sip lin K er ja Karyawan baik secara simultan dan parsial Pada PT Artha Gita Sejahtera Medan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-06
How to Cite
, Rindi Andika. PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA PT ARTHA GITA SEJAHTERA MEDAN. JUMANT, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 95-103, july 2018. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/209>. Date accessed: 04 may 2024.