KEBIASAAN MEMBACA DAN PILIHAN BACAAN PADA MAHASISWA PRIA DAN WANITA DI UNIVERSITA PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Sri Wahyuni Hasibuan;

  • Sri Wahyuni Hasibuan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kebiasaan membaca dan pilihan bacaan pada mahasiswa pria dan wanita di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data, mencari fakta dan kemudian menjelaskan dan menganalisa data. Data dikumpulkan melalui kuesioner/angket yang disusun oleh peneliti dengan mengacu pada penelitian-penelitian yang telah ada sebelumnya. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa sistem komputer dan mahasiswa manajemen yang dipilih secarak acak. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh setelah penelitian dilaksanakan adalah Terdapat perbedaan kebiasaan membaca antara mahasiswa pria dan wanita di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Mahasiswa wanita memiliki kebiasaan membaca yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa pria. Pada aspek pilihan bacaan, juga terdapat perbedaan
antara mahasiswa pria dan wanita. Mahasiswa pria lebih memilih membaca jurnal dan laporan penelitian dibandingkan dengan mahasiswa wanita yang lebih memilih membaca naskah drama dan cerita pendek. Namun, keduanya juga memiliki persamaan dalam memilih bacaan. Mahasiswa pria dan wanita sama-sama lebih memilih membaca teks online, buku dalam versi elektronik (e-book) dan bacaan yang bersumber dari internet.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-11
How to Cite
, Sri Wahyuni Hasibuan. KEBIASAAN MEMBACA DAN PILIHAN BACAAN PADA MAHASISWA PRIA DAN WANITA DI UNIVERSITA PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 75-84, dec. 2018. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/395>. Date accessed: 27 apr. 2024.