ANALISIS BLUE OCEAN STRATEGY BAGI INDUSTRI KERAJINAN DI KOTA TANJUNG BALAI
SAMRIN; IRAWAN;
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pendekatan metode Blue Oceans Strategy untuk meningkatkan pengembangan strategi bagi Industri Kecil Menengah kerajinan kulit kerang .Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan melalui pendekatan postpositivisme research yaitu penelitian bersifat kualitatif. Analisis kualitatif terdiri dari skema hapuskan-kurangitingkatkan-ciptakan, kanvas strategi dan indeks samudra biru pada IKM Kerajinan Kulit Kerang di Tanjung Balai. Sementara itu, analisis kuantitatif yang digunakan terdiri dari uji cochran, uji penilaian kinerja, serta analisis faktor. Faktor dalam kompetisi industri kerajinan kulit kerang diidentifikasi berdasarkan perspektif konsumen dan non-konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis perbandingan dalam penerapan red ocean strategy dan blue ocean strategy dilihat dengan menggunakan skema hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakan, kanvas strategi dan indeks samudera biru.