Analisis dan Implementasi Bandwidth Management Menggunakan Mikrotik OS untuk Optimalisasi Penggunaan Jaringan Internet (Studi Kasus : Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)

Muslim; Prihandoko;

  • Muslim

Abstract

Saat ini teknologi informasi telah menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting bagi keberhasilan suatu bisnis atau organisasi mengingat pentingnya sebuah informasi pada saat ini. Dengan semakin berkembangnya sistem informasi dan data maka akan berdampak pada peningkatan jumlah pengguna internet yang pada akhirnya juga akan berdampak pada penggunaan bandwidth. Oleh karenanya perlu dilakukan pembatasan bandwidth dalam penggunaan internet pada jaringan yang ada sehingga jaringan dapat berfungsi secara tepat, cepat dan profesional. Untuk mencapai hal tersebut, perlu dilakukan analisa dan implementasi bandwidth management menggunakan Mikrotik OS dengan metode antrian Per Connection Queue (PCQ), baik dengan menggunakan fitur simple queue maupun queue tree. Adapun yang menjadi parameter pengujian kualitas layanan jaringan dalam implementasi manajemen bandwidth ini nantinya adalah throughput, delay, jitter, dan packet loss. Untuk memaksimalkan penerapan manajemen
bandwidth penulis juga perlu melakukan perubahan terhadap topologi jaringan yang berjalan. Hal ini juga
tentunya akan dapat mempermudah network administrator untuk melakukan pengembangan terhadap jaringan baik secara physical ataupun logical dimasa yang akan datang. Penerapan metode Per Connection Queue yang dilakukan pada saat penelitian terbukti mampu meningkatkan kecepatan waktu download yang dilakukan oleh masing-masing client yang berada pada jaringan secara signifikan. Begitu juga dengan pengujian kualitas layanan jaringan yang dilakukan untuk parameter throughput, delay, jitter dan packet loss dimana seluruh kualitas layanan jaringan memperoleh kategori nilai pengujian bagus dan sangat bagus berdasarkan standar TIPHON.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-13
How to Cite
, Muslim. Analisis dan Implementasi Bandwidth Management Menggunakan Mikrotik OS untuk Optimalisasi Penggunaan Jaringan Internet (Studi Kasus : Universitas Pembangunan Panca Budi Medan). Jurnal Teknik dan Informatika, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 25-30, may 2019. ISSN 2089-5941. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/Juti/article/view/472>. Date accessed: 17 june 2024.
Section
Articles