PERAN ORANGTUA DALAM PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DINI DI MSA PANDEMIC COVID 19 DI TK ISLAM IBNU QOYYIM
Abstract
Penelitian iniĀ berjudul Peran Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Di Msa Pandemic Covid 19 Di Tk Islam Ibnu Qoyyim Jl. Tanjung Sari Pasar 2 Ujung Ringroad No.37. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana peran Peran Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Di Msa Pandemic Covid 19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini disebut dengan situasi sosial yang pelakunya terdiri para orangtua yang anaknya bersekolah di TK Islam Ibnu Qoyyim. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskripstif kualitatif. Simpulan hasil penelitian adalah bahwaPeran Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Di Msa Pandemic Covid 19 yaitu sebagai inovator, fasilitator dan motivator. Sebagai inovator para orangtua berperan untuk selalu memberikan inovasi-inovasi baru dalam proses pembelajaran, dalam hal ini adalah penerapan metode dramatisasi. Dramatisassi merupakan metode pembelajaran yang inovatif dan dapat meningkatkan minat belajar para anak usia dini. Sebagai fasilitator orangtua mempunyai peran dalam memfasilitasi bahan belajar bagi anak usia dini, sehingga minat belajar mereka dapat meningkat dan pembelajaran anak usia dini juga terarah dengan baik. Sedangkan sebagai motivator, orangtua mempunyai peran dalam mendorong para anak usia dini untuk mau belajar sehingga dapat menumbuhkan minat belajar yang tinggi.