PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA II (PERSERO) SEI SEMAYANG

  • Sungguh Ponten Pranata Dosen Program Studi Manajemen STIE Mahkota Tricom Unggul

Abstract

Kinerja karyawan merupakan hasil atau tingkat keberhasilan karyawan dalam melaksanakan tugas disertai dengan tanggung jawab. Faktor lain yang dapat mempengaruhi peningkatan kinerja karyawan adalah disiplin kerja dan kompetensi. Disiplin kerja merupakan kesediaan dan kesadaran seseorang untuk menaati peraturaan dalam sebuah perusahaan. Kompetensi merupakan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang dalam melaukan suatu pekerjaan yang dilandasi atas keterampilan. Penurunan kinerja karyawan terjadi dikarenakan ketidaksesuaian latar belakang pendidikan karyawan dengan jabatannya. Kurangnya kedisiplinan karyawan dikarenakan adanya karyawan yang sering absen, izin dan sakit yang dapat mengganggu kinerja karyawan PT. Perkebunan Nsantara II (Persero) Sei Semayang adalah perusahaan yang bergerak ekspor komoditi hasil-hasil perkebunan ke luar negeri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi liner berganda. Populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan yang berjumlah 183 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 153 karyawan dan 30 karyawan untuk Uji Validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja dan kompetensi secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karywan dengan nilai koefisien  determinasi sebesar 0,390 yang menunjukkan bahwa disiplin kerja karyawan dan kompetensi berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan tingkat presentasi 39% sedangkan sisanya 61%  adalah faktor lain yang tidak diteliti seperti budaya organisisasi, rekrutmen dan pelatihan. Kesimpulan penelitian ini adalah secara serempak dan parsial disiplin kerja dan kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara II (Persero) Sei Semayang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-21
How to Cite
PRANATA, Sungguh Ponten. PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA II (PERSERO) SEI SEMAYANG. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 39-48, dec. 2020. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/1098>. Date accessed: 28 mar. 2024.