MOTIF ORANG TUA MENGUNGGAH FOTO ANAK DI INSTAGRAM (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek)
Annisa Febrina;
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motif orang tua mengunggah foto anak di instagram. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz dengan paradigma konstruktivis dan pendekatan fenomenologi kualitatif. Untuk mengumpulkan data, selain wawancara secara mendalam terhadap 10 informan, dilakukan juga observasi terhadap akun instagram para informan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, terdapat beberapa Motif Karena (because motives) dalam mengunggah foto anak di instagram yang digerakkan oleh 2 hal yaitu pengalaman tentang album foto di masa lalu dan gangguan serta keterbatasan teknologi yang dimiliki oleh para orang tua. Sedangkan Motif Untuk (in order to motives) yang ditemukan terkait dengan 3 hal. Pertama, berkaitan dengan upaya orang tua untuk menjadikan anak mereka dikenal oleh banyak orang. Kedua, berkaitan dengan sebuah tuntutan untuk berbagi moment perkembangan anak kepada orang lain terutama kepada keluarga yang jauh ataupun teman-teman yang sudah tidak lama di temui. Ketiga, sebagai upaya untuk mewujudkan rasa bangga dan bersyukurnya para orang tua atas apa yang mereka miliki saat ini. Berdasarkan motif di atas, penelitian ini mengkategorikan 3 tipikasi Orang Tua dalam mengunggah foto anak di instagram yaitu Orang Tua Eksis, Orang Tua Sharing, dan Orang Tua Memories.