PENGARUH KOMUNIKASI MASSA DAN MEDIA TERHADAP MASYARAKAT DAN BUDAYA
Abstract
Media merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari manusia yang bermasyarakat, begitu juga dengan proses komunikasi khususnya komunikasi massa, hal ini merupakan satu sisi mata uang yang tidak dapat kita pilah dan pilih ketika ingin membahasnya. Komunikasi Massa dan Media dapat menjadikan sebuah budaya atau kebiasaan yang sudah ada pada masyarakat berubah atau bahkan dapat menciptakan sebuah budaya baru. Pengaruh yang akan nampak pada masyarakat tersebut bisa saja berdampak positif atau bahkan dampak negatif, Karena setiap pengaruh yang ditimbulkan oleh setiap gejala pastilah berbeda-beda. Masyarakat dibentuk oleh beberapa orang atau individu, kelompok, organisasi yang kemudian menjadi sebuah masyarakat yang sifatnya heterogen. Dalam tulisan ini penulis berusaha untuk menggambarkan pengaruh yang ditimbulkan oleh komunikasi massa dan media terhadap masyarakat dan budaya, melalui observasi dan pengamatan langsung yang dilakukan ditengah masyarakat. Hasil pengamatan dan study literasi yang dilakukan menghasilkan bahwa masyarakat akan cenderung melakukan perubahan norma sosial ketika komunikasi masa dan media komunikasi menjadi sebuah kebutuhan primer bagi seseorang yang tergabung dalam sebuah masyarakat, sehingga informasi yang disajikan oleh media dan melalui komunikasi massa akan berdampak pula pada prilaku dan kebiasaan yanga ada pada masyarakat, muaranya adalah berubahnya atau bergesernya adat pada satu kelompok masyarakat tersebut.
- You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.