Evaluasi Heuristik Antarmuka Sistem E-learning (Studi Kasus : UniversitasPembangunan Panca Budi)

  • Akbar Munthaha Dharma Aprino Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

Abstract

ABSTRAK AKBAR MUNTHAHA DHARMA APRINOEvaluasi Heuristik Antarmuka Sistem E-learning (Studi Kasus : UniversitasPembangunan Panca Budi)Internet telah menjadi suatu hal yang berkontribusi besar sebagai alatkomunikasi dan informasi. E-learning merupakan salah satu hasil dari internetyang dimanfaatkan oleh dunia pendidikan. Universitas Pembangunan Panca Buditelah membuat sistem e-learning pada tahun 2012. Dalam penerapan e-learningtingkat kemudahan penggunaan (usability) merupakan hal yang penting untukdiperhatikan. Beberapa contoh masalah kemudahan penggunaan (usability)diantaranya adalah tampilan antarmuka (interface) yang tidak user friendly,penggunaan bahasa yang sulit dipahami sehingga pengguna tidak mendapatkaninformasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu maka penting untuk melakukanevaluasi desain antarmuka pada sistem e-learning Universitas PembangunanPanca Budi, untuk mengetahui apakah sistem e-learning sesuai dengankebutuhan pengguna yaitu dalam kasus ini adalah mahasiswa.Evaluasi Heuristik merupakan salah satu metode yang dapat digunakanuntuk mengukur tingkat usability yang diusulkan oleh Nielsen dan Molich padatahun 1990. Penelitian ini menggunakan beberapa metode penggumpulan datayaitu: studi literatur, observasi, dan kuesioner, dan metode severity rating sebagaimetode analisis data.Hasil dari penelitian yang dilakukan terhadap sistem e-learningUniversitas Pembangunan Panca Budi menggunakan Evaluasi Heuristik adalahbahwa sistem e-learning Universitas Pembangunan Panca Budi masuk dalamkategori comestic problem yaitu masalah tidak perlu diperbaiki kecuali ada waktuyang tersisa dalam pengerjaan proyek, dengan nilai severity rating 0,79 yangdibulatkan menjadi 1.Kata Kunci: E-learning, Usability, Evaluasi Heuristik

References

DAFTAR PUSTAKAAkbar, A. (2018). Pembangunan Model Electronic Government Pemerintahan Desa Menuju Smart Desa. Jurnal Teknik dan Informatika, 5(1), 1-5. Ali, A., Pramana, E., & Tjandra, S. (2016). Evaluasi Heuristik pada Web Based Learning untuk Meningkatkan Aspek Usability Sistem. Jurnal Insand Comtech, Vol. 1, No. 1, Mei 2016. (ISSN): 2302-6227.Azmi, Fadhillah, and Winda Erika. "ANALISIS KEAMANAN DATA PADA BLOCK CIPHER ALGORITMA KRIPTOGRAFI RSA." CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) 2.1: 27-29. Caesaron, D. (2015). Evaluasi Heuristic Desain Antar Muka (Interface) Portal Mahasiswa (Studi Kasus Portal Mahasiswa X). Jurnal Metris, 16 (2015) 9-14. (ISSN): 1411-3287.Firmansyah, R. (2016). Evaluasi Heuristik pada Desian Inteface Aplikasi My Indihome. SNIPTEK (2016). (ISBN):978-60272850-3-3.Gutama, D, H., Kusrini., & Henderi. (2018). Evaluasi Usability dan User Satisfaction E-Learning SMK Pembangunan Nasional. 12 Juli 2018.Halim, A., & Hasan, S. (2017). Sistem Informasi Pengelolaan Uang Komite Menggunakan Borland Delphi 7 pada SMA Negeri 5 Kota Ternate. Indonesian Journal on Information System, Vol. 2, No. 1, 2017.Hartanto, S. (2017). Implementasi fuzzy rule based system untuk klasifikasi buah mangga. TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 9(2), 103-122. Harumy, T. H. F., & Sulistianingsih, I. (2016). Sistem penunjang keputusan penentuan jabatan manager menggunakan metode mfep pada cv. Sapo durin. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (pp. 6-7).
Havena, M., & Marlina, L. (2018). The Technology of Corn Processing as an Effort to Increase The Income of Kelambir V Village. Journal of Saintech Transfer, 1(1), 27-32. Herdianto, H. (2018). Perancangan Smart Home dengan Konsep Internet of Things (IoT) Berbasis Smartphone. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 6(2). http://blog.uny.ac.id/hermansurjono.Ichsani, Y. (2017). Evaluasi Performa Usability Situs – situs Web Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang Teakreditasi “A” Tahun 2013 serta Perbandingan Kondisi Situs Web Tahun 2014 dan 2017. Jurnal Teknik Informatika. Vol.10, No.2, 2017.Islam, K., & Rahayu, D, A. (2018). Evaluasi Antarmuka Website Tokopedia menggunakan Metode Heuristic. Vol.8 No.1 Edisi Mei 2018. (ISSN): 2088-4591.Jogiyanto.(2016). Pedoman Survei Kuesioner: Mengembangkan kuesioner, Mengatasi Bias dan Meningkatkan Respon Edisi ke 2. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.Khairul, K., Haryati, S., & Yusman, Y. (2018). Aplikasi Kamus Bahasa Jawa Indonesia dengan Algoritma Raita Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(1), 1-6. Kuntarto., Eko., dan Asyhar., Rayandra. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Aspek Learning Design dengan Flatform Media Sosial Online sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa.Kurnia, D. (2017). Analisis QoS Pada Pembagian Bandwidth Dengan Metode Layer 7 Protocol, PCQ, HTB Dan Hotspot Di SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 2(2), 102-111. Kurnia, D., Dafitri, H., & Siahaan, A. P. U. (2017). RSA 32-bit Implementation Technique. Int. J. Recent Trends Eng. Res, 3(7), 279-284.
Marlina, L., Muslim, M., Siahaan, A. U., & Utama, P. (2016). Data Mining Classification Comparison (Naïve Bayes and C4. 5 Algorithms). Int. J. Eng. Trends Technol, 38(7), 380-383. Marlina, L., Putera, A., Siahaan, U., Kurniawan, H., & Sulistianingsih, I. (2017). Data Compression Using Elias Delta Code. Int. J. Recent Trends Eng. Res, 3(8), 210-217. Nuryadi, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Website E-learning Pada SMK Respati 1 Jakarta. Vol.4, No. 1, Februari 2018. (p-ISSN): 2442-2436, (e-ISSN): 2550-0120.Oper, N., Utami, E., & Fatta, H, A. (2017). Analisis User Interface pada Website UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Menggunakan Metode Heuristik. Seminar Nasional Inovasi Teknologi UN PGRI Kediri, 22 Februari 2017. (ISBN): 978-602-61393-0-6. (e-ISSN) 2549-7952.Perwitasari, I. D. (2018). Teknik Marker Based Tracking Augmented Reality untuk Visualisasi Anatomi Organ Tubuh Manusia Berbasis Android. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 8-18. Putri, R. E., & Siahaan, A. (2017). Examination of document similarity using Rabin-Karp algorithm. International Journal of Recent Trends in Engineering & Research, 3(8), 196-201. Ramadhani, S., Suherman, S., Melvasari, M., & Herdianto, H. (2018). Perancangan Teks Berjalan Online Sebagai Media Informasi Nelayan. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 6(2). Ruwaida, D., & Kurnia, D. (2018). Rancang Bangun File Transfer Protocol (FTP) dengan Pengamanan Open SSL pada Jaringan VPN Mikrotik di SMK Dwiwarna. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 3(1), 45-49. Savitri, P., & Ispani, M. (2015). Review Desain Interface Aplikaso SOPPPOS menggunakan Evaluasi Heuristik. Jurnal SIMETRIS, Vol. 6, No. 1 April 2015. (ISSN): 2252-4983.
Sulistiyono, M. (2017). Evaluasi Heuristic Sistem Informasi Pelaporan Kerusakan Laboratorium Universitas AMIKOM Yogyakarta. Jurnal Ilmia DASI, Vol. 18, No. 1, 37-43. Surjono, H., D. (2010). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle.
Published
2021-05-07
How to Cite
APRINO, Akbar Munthaha Dharma. Evaluasi Heuristik Antarmuka Sistem E-learning (Studi Kasus : UniversitasPembangunan Panca Budi). Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas sains dan Tekhnologi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 91, may 2021. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/fastek/article/view/1472>. Date accessed: 09 aug. 2022.