PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN LATIHAN DASAR OLAHRAGA BULUTANGKIS BAGI PEMULA BERBASIS ANDROID

  • NUSYIRWAN HABIBI LUBIS Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

Abstract

ABSTRAK NUSYIRWAN HABIBI LUBIS PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN LATIHAN DASAR OLAHRAGA BULUTANGKIS BAGI PEMULA BERBASIS ANDROID 2019 Semakin tingginya antusiasme masyarakat terhaadap olahraga bulutangkis membuat banyak orang ingin memahami bagaimana bisa melakukan olah raga ini dengan baik dan meningkatkan kemampuan dalam bermain bulutangkis, tentunya untuk bisa bermain ataupun memahami bulutangkis dengan benar kita harus masuk ke sebuah klub pelatihan bulutangkis yang tentunya membutuhkan waktu yang banyak untuk latihan Masalah yang timbul dari ini adalah bagaimana bisa orang yang sibuk dan tidak banyak memiliki waktu luang yang ingin belajar ataupun meningkatkan kemampuan bermain bulutangkisnya. Oleh karena itu penulis berinisiatif untuk membuat sebuah aplikasi latihan dasar bulutangkis untuk pemula. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu orang-orang yang ingin memahami bulutangkis lebih dalam tetapi tidak punya banyak waktu kosong. Aplikasi ini berisi tentang sejarah bulutangkis, peraturan yang harus diketahui, panduan latihan, cara mengurangi resiko cedera dan juga ada fitur quiz untuk menguji pemahaman tentang bulutangkis. Aplikasi ini dibangun menggunakan Adobe Flash Profesional CS6 dan juga digunakan metode waterfall untuk pengembangannya.. Kata Kunci : Android, Kuis bulutangkis, Panduan Latihan Bulutangkis

References

DAFTAR PUSTAKA
(http://eprints.uny.ac.id/9051/2/bab%202.pdf) .
(http://www.android.com)
(http://www.trigonalmedia.com/2014/11/pengertian-latihan-menurut-para-ahli.html)
Andi Gilang Permadi. 2017. Survey Tingkat Kondisi Atlet Bulutangkis PB.
Andrian, Yudhi, and Purwa Hasan Putra. "Analisis Penambahan Momentum Pada
Proses Prediksi Curah Hujan Kota Medan Menggunakan Metode
Backpropagation Neural Network." Seminar Nasional Informatika (SNIf). Vol. 1.
No. 1. 2017.
Andriyani. 2016. Aplikasi akademik online berbasis android pada Universitas Tama
Jagakarsa. 1978-001X.
Aryza, S., Irwanto, M., Lubis, Z., Siahaan, A. P. U., Rahim, R., & Furqan, M. (2018).
A Novelty Design Of Minimization Of Electrical Losses In A Vector Controlled
Induction Machine Drive. In IOP Conference Series: Materials Science and
Engineering (Vol. 300, No. 1, p. 012067). IOP Publishing.
Dwita Deslianti, Imam Muttaqin. 2016. Aplikasi kumpulan hadist nabi Muhammad
SAW berbasisi android menggunakan algoritma Merge Sort. 2355 – 5920.
Fachri, Barany. Aplikasi Perbaikan Citra Efek Noise Salt & Papper Menggunakan
Metode Contraharmonic Mean Filter. In: Seminar Nasional Royal (Senar). 2018.
P. 87-92.
Ginting, G., Fadlina, M., Siahaan, A. P. U., & Rahim, R. (2017). Technical approach of
TOPSIS in decision making. Int. J. Recent Trends Eng. Res, 3(8), 58-64.
Hafni, Layla, And Rismawati Rismawati. "Analisis Faktor-Faktor Internal Yang
Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di
Bei 2011-2015." Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi 1.3 (2017): 371-382.
Hamdi, Muhammad Nurul, Evi Nurjanah, And Latifah Safitri Handayani. "Community
Development Based Onibnu Khaldun Thought, Sebuah Interpretasi Program
Pemberdayaan Umkm Di Bank Zakat El-Zawa." El Muhasaba: Jurnal Akuntansi
(E-Journal) 5.2 (2014): 158-180.
Heinz Kelzenberg, Mike Woodward, Ian Wright, Stuart Bornie. 2012. Shuttle Time
BWF School Badminton teachers Manual. Kuala Lumpur : BWF.
Indra Griha Tofik Isa. George Pri Hartawan. 2017. Perancangan Aplikasi
Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi Kasus Koperasi Mitra
Setia). 20886969.
Indra Permana, Aminuddin "Sistem Pakar Mendeteksi Hama Dan Penyakit Tanaman
Kelapa Sawit Pada Pt. Moeis Kebun Sipare-Pare Kabupaten Batubara." (2013).
Kasus : SD Negeri I Bitung, Kelas VI), 2301-8402.
Mayasari, Nova. "Comparison of Support Vector Machine and Decision Tree in
Predicting On-Time Graduation (Case Study: Universitas Pembangunan Panca
Budi)." Int. J. Recent Trends Eng. Res 2.12 (2016): 140-151.
Mudiyanto Setiawan, Arie S.M Lumenta, Virginia Tulenan 2016. Aplikasi
Nurhasanah. 2016. Aplikasi Pembelajaran Photoshop Berbasis Multimedia
Menggunakan Metode Computer Based Instruction. 2502-6968.
Opik Taupik K, Mohamad Irfan, Ai Nurpianti. 2012. Perekayasaan Teknologi XML
Dan XMPP Dalam Membangun Aplikasi Jaringan Multiplayer Online Game
Ular Tangga Berbasis Web Dengan Mengimplementasikan Teknologi BiDirectional Stream Over Synchronous Http. 1693-752X.
Pahlawan Sunemenep. 2442-9511.
Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Sekolah Dasar (Studi
Permana, A. I., and Z. Tulus. "Combination of One Time Pad Cryptography Algorithm
with Generate Random Keys and Vigenere Cipher with EM2B KEY." (2020).
Permana, Aminuddin Indra. "Kombinasi Algoritma Kriptografi One Time Pad dengan
Generate Random Keys dan Vigenere Cipher dengan Kunci EM2B." (2019).
Puspita, Khairani, and Purwa Hasan Putra. "Penerapan Metode Simple Additive
Weighting (SAW) Dalam Menentukan Pendirian Lokasi Gramedia Di Sumatera
Utara." Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, ISSN. 2015.
Putera, A., Siahaan, U., & Rahim, R. (2016). Dynamic key matrix of hill cipher using
genetic algorithm. Int. J. Secur. Its Appl, 10(8), 173-180.
Syahputra, Rizki, And Hafni Hafni. "Analisis Kinerja Jaringan Switching Clos Tanpa
Buffer." Journal Of Science And Social Research 1.2 (2018): 109-115.
Wahyuni, Sri. "Implementasi Rapidminer Dalam Menganalisa Data Mahasiswa Drop
Out." Jurnal Abdi Ilmu 10.2 (2018): 1899-1902.
Published
2021-06-09
How to Cite
LUBIS, NUSYIRWAN HABIBI. PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN LATIHAN DASAR OLAHRAGA BULUTANGKIS BAGI PEMULA BERBASIS ANDROID. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas sains dan Tekhnologi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 266, june 2021. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/fastek/article/view/1808>. Date accessed: 02 oct. 2022.