PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MASYARAKAT DESA LAU GUMBA KECAMATAN BERAS TAGI KABUPATEN KARO
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh derasnya arus globalisasi, modernisasi dan ketatnya puritanisme yang dapat mengakibatkan terkikisnya rasa kecintaan terhadap kebudayaan lokal serta meningkatnya kasus kriminalitas, narkoba dan konflik berbangsa dan agama. Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pendidikan nasional. Pada Pasal 1, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Proses pendidikan dalam pengembangan dan sosialisasi budaya dapat terbentuk melalui proses pendidikan baik ditingkat formal, non-formal ataupun informal. Dengan kata lain pendidikan terjadi dimasyarakat, sekolah dan keluarga. Amanah undang-undang tersebut bermaksud agar pendidikan tidak hanya membentuk insan Indonesia yang cerdas, namun juga berkepribadian atau berkarakter, sehingga nantinya akan lahir generasi bangsa yang tumbuh berkembang dengan karakter yang bernafas nilainilai kearifan lokal bangsa serta agama. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada peneliti untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap nilai-nilai pendidikan agama Islam berbasis budaya lokal di Masyarakat Desa Lau Gumba Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo. Kata Kunci: Penguatan, Pendidikan Agama, Berbasisi, Kearifan Lokal, Desa Laugumba.
References
Ariesta Riany. 2009. Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar untuk Anak Usia 0
1Tahun. Bandung: PT. Sandiarta Sukses.
Fadlillah, M. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Pangastuti Ratna. 2014. Edutainment PAUD. Pustaka Pelajar.
Suyadi. 2009. Permaianan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Books
(Ihdina). Plus Vol. II No. 11 Juli 2007. Semarang: PT Niko Sakti.
Suyanto Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.
Edukatif). Yogyakarta: Pilar Media.
Wiyani Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: PT.Gava Media.
Sudono Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan (Untuk Pendidikan Usia Dini), Jakarta,
PT. Grasindo.