CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS TERHADAP KEMANDIRIAN EKONOMI WANITA PESISIR BERBASIS KESEJAHTERAAN KELUARGA NELAYAN DESA PAHLAWAN KECAMATAN TANJUNG TIRAM

Ade Novalina; Rusiadi

  • Ade Novalina

Abstract

Tujuan jangka pendek penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang relevan dalam mempengaruhi kemandirian ekonomi wanita pesisir, mengatahui pengaruh signifikan faktor-faktor relevan tersebut terhadap kemandirian ekonomi wanita pesisir dan kesejahteraan keluarga nelayan Desa Pahlawan Kec. Tanjung Tiram. Target khusus dalam penelitian ini yaitu mengkaji kemandirian wanita pesisir dalam bidang perekonomian sehingga dapat membuka pemikiran dan wawasan wanita pesisir desa Pahlawan untuk menjadi wanita yang mandiri dan meningkatkan berkontribusinya dalam mendukung perekonomian keluarga dan kesejahteraan keluarga. Populasinya adalah seluruh wanita/ibu rumah tangga di desa Pahlawan dan sampel ditetapkan berdasarkan kuota sampling sebanyak 66 orang. Analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Deskriptif dan Analisis Kuantitatif. Analisis Deskriptif dalam penelitian ini dengan mendiskripsikan kearifan lokal dalam kehidupan wanita pesisir secara lebih komprehensif yang berimplikasi pada pendapatan, kemandirian ekonomi dan kesejahteraan keluarga nelayan Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram. Analisis Kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan metode Confirmatory Analisys Factor (CFA). Hasil uji CFA diketahui faktor yang relevan dalam mempengaruhi pendapatan wanita pesisir nelayan desa Pahlawan untuk meningkatkan kemandirian ekonominya adalah tiga faktor yang terpilih dari delapan faktor awal yaitu kesenian, kesehatan, dan pendidikan.

Published
2018-07-05
How to Cite
, Ade Novalina. CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS TERHADAP KEMANDIRIAN EKONOMI WANITA PESISIR BERBASIS KESEJAHTERAAN KELUARGA NELAYAN DESA PAHLAWAN KECAMATAN TANJUNG TIRAM. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik (JEpa), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 65-74, july 2018. ISSN 2527-2772. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/203>. Date accessed: 06 may 2024.