KETERHUBUNGAN POLA PENGAMBILAN KEPUTUSAN EFEKTIF, STRUKTUR DAN BUDAYA ORGANISASI DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN
ANNISA ILMI FARIED, S.Sos., M.SP dan DIAN SEPTIANA SARI S.Sos., M.SP
Abstract
Untuk menghadapi perkembangan dan perubahan yang terjadi maka diperlukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Proses pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dilakukan agar roda organisasi beserta administrasi dapat berjalan terus dengan lancar. Pengambilan keputusan tersebut dilakukan oleh seorang manajer atau administrator. Kegiatan pembuatan keputusan meliputi pengindentifikasian masalah, pencarian alternatif penyelesaian masalah, evaluasi daripada alternatif-alternatif tersebut, dan pemilihan alternatif keputusan yang terbaik. Kemampuan seorang pimpinan dalam membuat keputusan dapat ditingkatkan apabila ia mengetahui dan menguasai teori dan teknik pembuatan keputusan. Dengan peningkatan kemampuan pimpinan dalam pembuatan keputusan maka diharapkan dapat meningkatkan kualitas keputusan yang dibuatnya, sehingga akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja organisasi. Materi yang akan digunakan pada penelitian ini adalah pengambilan keputusan efektif, struktur dan budaya organisasi. Variabel pola pengambilan keputusan efektif dilihat dari income dan outcome, variabel struktur
organisasi yaitu keterhubungan kegiatan dan motivasi kerja (fungsi devisi), serta variabel budaya organisasi yang menjadi bagian perilaku pegawai, nilai profesional, norma-norma produktivitas serta layanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan data sekunder yakni dengan pembagian angket, wawancara kepada seluruh devisi yang ada di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan dan Perguruan Panca Budi Medan.