ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN ASLI DAERAH DI PROVINSI SUMATERA UTARA

MESRA B, S.E., M.M

  • Mesra

Abstract

Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah semua penerimaan keuangan suatu daerah, dimana penerimaan keuangan itu bersumber dari potensi-potensi yang ada di daerah tersebut. Hampir setiap daerah berusaha untuk terus meningkatkan PAD di daerahnya dengan cara terus meningkatkan sumber sumber dari PAD daerah tersebut. Begitu juga halnya dengan Provinsi Sumatera Utara, PAD provinsi yang masih jauh dari yang diharapkan. Maka dalam penelitian ini peneliti ingin melihat sumber sumber apa saja yang dapat meningkatkan PAD, salah satunya melalui pertumbuhan penduduk, mengingat Medan adalah salah satu kota besar di Indonesia, sebagai salah satu kota besar maka tak dapat dipungkiri pertumbuhan penduduknya juga cepat, maka peneliti ingin melihat apakah ada pengaruh dengan pertumbuhan penduduk yang cepat juga berakibat terhadap peningkatan PAD. Selain itu peningkatan PDRB setiap kabupaten/kota di Sumatera Utara bagaimana pengaruhnya terhadap PAD Provinsi dan Pengeluaran Pemerintah berpengaruh terhadap PAD Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan: 1) Variabel jumlah penduduk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap PAD di Provinsi Sumatera Utara 2) Variabel PDRB mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap PAD di Provinsi Sumatera Utara
3) Variabel pengeluaran pemerintah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap PAD di Provinsi Sumatera Utara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-08
How to Cite
, Mesra. ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN ASLI DAERAH DI PROVINSI SUMATERA UTARA. JUMANT, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 46-57, mar. 2018. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/112>. Date accessed: 02 may 2024.