PENGARUH PENDIDIKAN DAN LATIHAN DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN

  • Nuraini Kemalasari Istiqomah Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Masalah penelitian ini mencakup rendahnya pelaksanaan pendidikan dan latihan yang dilakukan perusahaan sehingga produktivitas kerja karyawan belum optimal, Kurangnya motivasi diberikan pimpinan dalam rangka meningkatkan kemampuan karyawan dalam bekerja dan Masih kurangnya pemberian insentif yang dilakukan perusahaan sehingga mempengaruhi produktivitas kerja karyawan pada Perguruan Panca Budi. Melalui perhitungan koefisien korelasi product moment diperoleh nilai rhitung dalam kisaran positif yaitu sebesar 0,7806 sementara bila dibandingkan dengan rtabel yang nilainya 0,433 jauh lebih kecil dengan rhitung, maka menunjukkan adanya pengaruh nyata antara variabel bebas terhadap variabel terikat, atau dengan pengertian bahwa dengan semakin tinggi pelaksanaan pendidikan dan latihan maka tingkat produktivitas kerja karyawan akan semakin tinggi pula. Sedangkan untuk melakukan uji hipotesis antara Ha dan Ho berdasarkan kedua variabel yaitu, maka dipergunakan rumus Uji-t, yang hasilnya diperoleh thitung  sebesar 5,444 sementara itu pada  ttabel sebesar 2,093 maka thitung > t tabel, dengan asumsi bahwa terdapat pengaruh yang nyata antara pelaksanaan pendidikan dan latihan terhadap produktivitas kerja karyawan. Sedangkan untuk mengetahui besarnya persentase pengaruh pemberian motivasi terhadap prestasi kerja karyawan, dipergunakan rumus determinasi. Dimana nilai yang diperoleh sebesar 60,94 %, dengan demikian sisanya sebesar 39,06 %, dipengaruhi oleh faktor lain yaitu insentif, motivasi, struktur organisasi, lingkungan kerja, desentralisasi dan sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-23
How to Cite
ISTIQOMAH, Nuraini Kemalasari. PENGARUH PENDIDIKAN DAN LATIHAN DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN. JUMANT, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 184-191, feb. 2021. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/1156>. Date accessed: 26 dec. 2024.
Section
Articles