UPAYA MENCEGAH KONFLIK DALAM PROSES SUKSESI KEPEMIMPINAN BISNIS KELUARGA DENGAN STRATEGIC COLLABORATION MODEL

M. Dharma Tuah Putra Nasution,S.E., M.M

  • Muhammad Dharma Tuah Putra Nasution

Abstract

Isu suksesi merupakan berita penting sekiranya terdapat generasi penerus yang terlibat lebih dari satu orang. Tentunya potensi perselisihan yang mungkin terjadi disebabkan adanya perbedaan perspektif dalam menjalankan perusahaan dari setiap putra mahkota. Penelitian yang diusulkan ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan proses suksesi pada bisnis keluarga melalui Srategic Collaboration Model (SCM). Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deksriptif. Data yang akan dikumpulkan melalui wawancara, yang mana pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian yang diusulkan ini, informan yang digunakan adalah pendiri sekaligus family business leader beserta calon penerus. Hasil penelitian ini diharapkan menjelaskan proses suksesi melalui strategic collaboration model.
Terdapat tiga tahapan yang menjadi perhatian dalam proses suksesi yaitu tahap input lebih menekankan pada mentoring, bimbingan, arahan, maupun pelatihan yang diberi kepada calon penerus. Selanjutnya, pada tahap proses, yang mana generasi pendiri mampu mengidentifikasi minat dan bakat calon penerus sehingga diketahui bisnis apakah yang tepat bagi mereka sesuai dengan minat dan bakatnya. Lalu, pada tahap output generasi pendiri beserta generasi penerus membangun bisnis dengan memperhitungkan seberapa besar dana yang diperlukan, seberapa banyak karyawan yang akan digunakan serta dimana lokasi yang tepat. Didalam bisnis keluarga, potensi perselisihan atau konflik dapat saja terjadi sehingga perlu pemisahan bisnis antara generasi pendiri dan generasi penerus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-30
How to Cite
, Muhammad Dharma Tuah Putra Nasution. UPAYA MENCEGAH KONFLIK DALAM PROSES SUKSESI KEPEMIMPINAN BISNIS KELUARGA DENGAN STRATEGIC COLLABORATION MODEL. JUMANT, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 11-18, may 2018. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/171>. Date accessed: 02 may 2024.

Most read articles by the same author(s)