DAMPAK PERTUMBUHAN BISNIS FRANCHISE WARALABA MINIMARKET TERHADAP PERKEMBANGAN KEDAI TRADISIONAL DI KOTA BINJAI
Febrilian Lestario, S.T., M.M
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji dampak pertumbuhan Bisnis Franchise Waralaba Minimarket Terhadap Perkembangan Kedai Tradisional di Kota Binjai. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pertumbuhan bisnish franchise waralaba minimarket dengan variable jarak dan variable diversifikasi produk sebagai variable bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan kedai tradisional yang ada di kota Binjai. Dari kedua variable bebas yang menjadi focus penelitian menunjukan bahwa variable jarak memberikan dampak yang dominan terhadap perkembangan kedai tradisional di kota Binjai. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : pertumbuhan bisnis Franchise Waralaba Minimarket sangat berdampak signifikan terhadap perkembangan Kedai Tradisional di Kota Binjai. Alat pengumpulan data menggunakan angket dengan skala lickert. Populasi adalah pedagang kedai tradisional dan jumlah minimarket waralaba sebanyak 79 responden. Analisa data menggunakan analisa kuantitatif dengan model regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan kebijakan pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan tentang bisnis waralaba dan tradisional. Selain itu diharapkan penelitian ini bisa menjadi tambahan informasi dalam pembuatan bahan ajar dan akan dipublikasikan dalam jurnal.