ANALISIS FOODS AND BEVERAGES COSTING DENGAN PENDEKATAN MATRIKS KAITANNYA DENGAN STRATEGI PEMASARAN PADA OLLA RESTORAN HOTEL GRANADA JOHOR BAHRU MALAYSIA
Yana Diana, S.E., M.Si
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui klasifikasi menu makanan dan minuman yang ada di Olla restoran pada Hotel Granada Johor Bahru. Analisis yang dilakukan adalah Foods and Beverages Costing atau Manajemen Menu dengan Pendekatan Matriks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menu makanan dan minuman yang ada di Olla restoran pada Hotel Granada Johor Bahru belum menghasilkan kinerja yang optimal berdasarkan tiga analisis yang sudah peneliti lakukan. Hasil dari Analisis Menu Engineering menunjukkan bahwa dari 54 menu yang dianalisis sebanyak 10 menu (20%) berada pada kategori Stars, sebanyak 22 menu (41%) berada pada kategori Plowhorses, sebanyak 10 menu (19%) berada pada kategori Puzzles dan 11 menu (20%) berada pada kategori Dogs. Hasil dari Analisis Persentase Harga pokok menunjukkan bahwa dari 54 menu yang dianalisis sebanyak 14 menu (26%) berada pada kategori Winners, sebanyak 19 menu (35%) berada pada kategori Marginals (H), sebanyak 5 menu (19%) berada pada kategori Marginals (L) dan sebanyak 16 menu (30%) berada pada kategori Losers. Hasil dari Analisis Marjin Harga
Pokok menunjukkan bahwa dari 54 menu yang dianalisis sebanyak 10 menu (18%) berada pada kategori Prime, sebanyak 8 menu (15%) berada pada kategori Standards, sebanyak 8 menu (15%) berada pada kategori Sleepers dan 28 menu (52%) berada pada kategori Problems. di Olla restoran pada Hotel Granada Johor Bahru. Dari hasil tersebut strategi yang dilakukan meliputi:mempertahankan kualitas, jumlah dan penyajian dari menu serta tingkat efisiensi, memperbanyak variasi dan inovasi produk sesuai dengan perkembangan jaman, memperkenalkan produk, meningkatkan kualitas pelayanan serta perkembangan keinginan pasar. Peneliti memberikan saran kepada Olla restoran pada Hotel Granada Johor Bahru, sehingga berguna bagi perkembangan pelaksanaan Manajemen Menu di masa yang akan datang.