PENGARUH LOYALITAS PEGAWAI, MOTIVASI INTRINSIK DAN KEPRIBADIAN EKSTROVET TERHADAP KINERJA (Studi Pada Pegawai Tetap Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)

Muhammad Chaerul Rizky

  • Muhammad Chaerul Rizky

Abstract

Pada dasarnya sumber daya manusia adalah karyawan. Karyawan merupakan roda penggerak dari aktivitas yang ada di perusahaan dalam mencapai tujuan. Loyalitas para karyawan bukan hanya sekedar kesetiaan fisik atau keberadaaannya di dalam organisasi, namun termasuk pikiran, perhatian, gagasan, serta dedikasinya tercurah sepenuhnya kepada organisasi. Saat ini loyalitas para karyawan bukan sekedar menjalankan tugas-tugas serta kewajibannya sebagai karyawan yang sesuai dengan uraian-uraian tugasnya atau disebut juga dengan job description, melainkan berbuat seoptimal mungkin untuk menghasilkan yang
terbaik dari organisasi Minat dan semangat tersebut dapat tumbuh apabila para pengusaha selalu menyadari akan kewajiban-kewajibannya terhadap para karyawan tersebut, dalam hal ini membimbing, membina dan merawatnya secara wajar sesuai dengan asas-asas kemanusiaan serta menghargainya sebagai pelaksana dari perusahaan. Terkadang penetapan gaji yang masih rendah sehingga karyawan harus menunjukkan loyalitas yang tinggi. Sedangkan loyalitas turun karyawan yang bersangkutan akan dimutasi pada posisi lain. Kurangnya motivasi terhadap karyawan yang ingin maju berkembang dalam kariernya.
Dengan adanya masalah tersebut penulis mengadakan penelitian untuk menguji dan mengetahui lebih jelas. Tujuan Penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Loyalitas dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Universitas Pembangunan Panca Budi. Penulis mengumpulkan berbagai data menggunakan angket yang berstruktur sebagai alat atau instrument untuk mendapatkan data Primer dengan sistem skala likert yang disertakan pada 75 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda (Multiple Regression) dengan menggunakan pengolahan data SPSS Ver.18.00 dan melakukan uji validitas, uji reliabilitas serta uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis. Hasil Penelitian secara serempak menunjukkan bahwa Loyalitas dan Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan Universitas Pembangunan Panca Budi dengan nilai Fhitung sebesar 89,020 > Ftabel 2,74 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Hasil uji parsial untuk Loyalitas terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai thitung 3,567 > ttabel 1,667 dengan nilai probabilitas signifikan 0,001 < 0,05, untuk Motivasi Kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai thitung 7,007 > ttabel 1,667 dengan nilai probabilitas signifikan 0,000 < 0,05, dan hasil dari analisis uji pengaruh dominan diketahui Motivasi Kerja lebih dominan karena memiliki nilai beta paling besar yaitu sebesar 0,604 sedangkan Loyalitas hanya sebesar 0,308.Berdasarkan hasil analisa diatas maka hipotesis1 diterima dan hipotesis 2 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-06
How to Cite
, Muhammad Chaerul Rizky. PENGARUH LOYALITAS PEGAWAI, MOTIVASI INTRINSIK DAN KEPRIBADIAN EKSTROVET TERHADAP KINERJA (Studi Pada Pegawai Tetap Universitas Pembangunan Panca Budi Medan). JUMANT, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 53-66, july 2018. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/206>. Date accessed: 28 apr. 2024.