ANALISIS PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT MELALUI PENDAMPINGAN KUALITAS DAN MODEL PEMASARAN PRODUK UKM TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI OBJEK WISATA PANTAI PANDAN CARITA KABUPATEN TAPANULI TENGAH

  • Mira Yosefa Siregar Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Pantai Pandan Carita berada di Kabupaten Tapanuli Tengah, Pandan. Kabupaten Tapanuli Tengah itu sendiri memiliki  20 (dua puluh) kecamatan, 30 (tiga puluh) kelurahan dan 147(seratus empat puluh tujuh) desa yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Daerah yang dijuluki “Negeri Wisata Sejuta Pesona” menyimpan banyak pesona keindahan alam diantaranya wisata religi, wisata alam, wisata gunung, wisata pantai dan wisata laut. Produk Usaha Kecil Menengah pun banyak diminati konsumen dan pengujung yang datng berwisata   di Tapanuli Tengah ditandai dengan banyaknya pengunjung yang membeli berulang di salah satunya pantai pandan carita kabupaten tapanuli tengah seperti perhiasan yang di olah menjadi bentuk cincin, kalung, anting dan souvenir yang menarik yang dikelola oleh masyarakat lokal Tapanuli Tengah, selain olahan mutiara, ada juga produk UKM seperti Rangginang, abon ikan, kue sagon dan olahan ikan menjadi keripik berbentuk makanan. Peningkatan kualitas produk bisa ditambah dengan meningkatan kualitas sumber daya manusianya dengan ikut serta memberi pendampingan peningkatan daya saing untuk memasarkan produk UKM di objek wisata pantai pandan carita Kabupaten Tapanuli Tengah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Total Quality Management melalui pendampingan peningkatan kualitas produk UKM,  penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis Pengaruh Total Quality Management melalui pendampingan peningkatan kualitas dan model pemasaran produk UKM yang efektid terhadap loyalitas konsumen agar dapat berdaya saing di pangsa pasar dengan cara meningkatan daya saing produk  dalam memasarkan hasil olahan produk UKM  dengan menerapkan srategi pemasaran produk yang efektif di Pantan Pandan Carita Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini menggunakan survey. jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berkunjung dan membeli produk UKM di Pantai Pandan Carita secara acak  pada bulan juni 2020 s/d bulan februari 20211. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non-probability sampling dengan jumlah konsumen sebanyak 100 orang. Tekhnik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Structural Equation Model(SEM). Diharapkan bagi Konsumen dan pengunjung yang sudah membeli dan memakai produk UKM agar lebih mencintai produk dalam negeri untuk meningkatkan perekonomian daerah khususnya di Kabupaten Tapanuli Tengah, agar masyarakat yang lain yang berada diluar daerah seperti di Kota Sibolga, Kota Tarutung, Kota Padang Sidempuan mengetahui bahwasanya produk UKM yang ada disalah satu objek wisata pantai pandan carita memiliki kualitas produk yang unggul dan dapat berdaya saing dipangsa pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, P., & Gary, A. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Rusiadi, E. (2015). Metode Penelitian. Medan: USU Press.
Tjiptono, F. (2005). Manajemen Jasa.Yogyakarta : Andi
Tjiptono, F. (2015). Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi.
Tunggal, A. Widjaja. (2008). Dasar-Dasar Customer Relationship Management (CRM). Jakarta: Harvindo.
Published
2021-07-25
How to Cite
SIREGAR, Mira Yosefa. ANALISIS PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT MELALUI PENDAMPINGAN KUALITAS DAN MODEL PEMASARAN PRODUK UKM TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI OBJEK WISATA PANTAI PANDAN CARITA KABUPATEN TAPANULI TENGAH. JUMANT, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 71-80, july 2021. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/3896>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles