PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MOLIVIA CAFE (Studi Kasus Pada Konsumen Molivia Cafe, Jalan H.M. Joni, Teladan Timur, Kota Medan)
Abstract
Penelitian ini tentang kepuasan konsumen Molivia Cafe. Fenomena yang terjadi dalam penelitian ini adalah ada penurunan penjualan ditahun 2019 yang
disebabkan adanya keluhan dari konsumen yang merasa kualitas produk yang diberikan tidak sesuai atau masih biasa saja, ada beberapa fasilitas yang belum
berfungsi sesuai dengan manfaatnya, dan konsumen juga masih mengeluhkan harga yang tidak sesuai dengan manfaat yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tentang pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen Molivia Cafe, dimana variabel idependen yaitu:
Kualitas Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2), dan Harga (X3), variabel dependen yaitu: Kepuasan konsumen (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
konsumen Molivia Cafe dengan sampel sebanyak 97 orang responden. Model analisis yang digunakan Regresi Linier Berganda yang diolah dengan menggunakan
program aplikasi SPSS versi 20, data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang telah diisi oleh konsumen Molivia Cafe. analisis ini meliputi: Uji Validitas,
Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji T dan Uji F serta Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan hasil
penelitaian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh negatif
dan signifikan secara statistik terhadap kepuasan konsumen, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Koefisien Determinasi
Adjusted R Square menunjukkan sebesar 45,3% variasi kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh ketiga variabel idepeden dan sisanya 54,7%, dipengaruhi oleh faktor
variabel lain diluar model penelitian ini, misalnya lokasi, iklan dan lain-lain.
Downloads
References
Basu Swastha, Dharmmesta, & T. Hani Handoko. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPPFE.
Daryanto. (2014). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bogor: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Farida, L. (2017). Pengaruh KualitaProduk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Konsumen . Jurnal Manajemen Pemasaran.
Irawan, H. (2010). Prinsip Kepuasan Pelanggan. 10. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Kotler, & Armstrong. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Yogyakarta: Erlangga.
Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Yogyakarta: Erlangga.
Kotler, & Lane. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
LLupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Manap, H. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran, Jilid I. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Manullang, Pakpahan. (2014). Metodologi Penelitian, Proses Penelitian Praktis. Bandung: Ciptapustaka Media.
Maria Amelia, R. B. (2015 Vol 1). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Web Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Marwanto, A. (2015). Marketing Sukses. Yogyakarta: Kobis. Nurocmah,
A. (2016). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan . Jurnal Manajemen Pemasaran.
Pakpahan, Manuntun. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan Sunggal: Cipta Rencana Media Pakpahan.
Rusiadi, Subianto, Nurdanhidayat, & Rahmat. (2014). Metode Penelitian: Konsep Kasus dan Aplikasi Spss, Eviews, Amos, Lisrel,Cet. 2. Medan: Penerbit Usu.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Tjiptono, Fandy. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja Edisi Keempat. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Wijaya, C. V. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Tokopedia.com. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.