PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA HANDPHONE MEREK OPPO DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA TINGKAT S-1 FAKULTAS SOSIAL SAINS PRODI MANAJEMEN DAN BISNIS UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

MIRA YOSEFA SIREGAR;

  • Mira Yosefa Siregar

Abstract

Manajemen menggunakan informasi untuk dua tujuan yaitu perencanaaan dan pengawasan, Perencanaan terjadi sebelum pelaksanaan aktivitas organisasi dan pengawasan sebagai pengendali aktivitas,salah satu bentuk informasi didapatkan dari cara komunikasi yang memegang peranan penting dalam menjaga hubungan antar manusia dengan perkembangan dunia bisnis ditandai dengan kemajuan industri telekomunikasi yang pesat membuat komunikasi melalui jarak jauh dan jarak dekat semakin mudah. Telepon seluler (ponsel) merupakan salah satu contoh teknologi komunikasi yang berkembang dari tahun ke tahun karena banyaknya permintaan konsumen dan persaingan pangsa pasar. OPPO merupakan produk telepon seluler yang memiliki kemampuan pemutar DVD/Cakram Blu-ray, telepon, sms, internet, LCD-TV, dan harga ponsel yang dapat bersaing dengan produk lainnya ditambah kecepatan akses internet yang cepat, dan design warna yang menarik. Sejak munculnya ponsel android, kehadiran OPPO mulai terus berkembang pesat dari pada pesaingnya SAMSUNG. Perumusalan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana
pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pengguna OPPO pada mahasiswa tingkat S-1 fakultas sosial sains Universitas Pembangunan Panca Budi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan. Penelitian ini menggunakan survey, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat S-1 yang terpilih secara acak di Fakultas Sosial Sains Prodi Manajemen yang menggunakan Handphone merek OPPO terdaftar dan aktif dari tahun 2017 semester ganjil hingga 2019 semester genap. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non-probability sampling dengan jumlah mahasiswa sebanyak 100 orang. Tekhnik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analsisis Structural Equation Model (SEM). Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas melalui kepuasan, dengan kondisi pengaruh kualitas produk yang lebih besar (0,668) dibandingkan pengaruh citra merek terhadap loyalitas melalui kepuasan (-0,130). Pengaruh langsung citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas menunjukkan citra merek berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan sebesar 1,610, dan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas
sebesar 14,181, citra merek berpengaruh langsung terhadap loyalitas sebesar 3,928, kualitas produk berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas sebesar sebesar -22,962. Bagi perusahaan Handpohone merek OPPO hal ini bisa menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas produknya agar mampu mempertahankan citra merek pada pandangan konsumen dan dapat bersaing dipangsa pasar dengan perusahaan kompetitor lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-05
How to Cite
, Mira Yosefa Siregar. PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA HANDPHONE MEREK OPPO DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA TINGKAT S-1 FAKULTAS SOSIAL SAINS PRODI MANAJEMEN DAN BISNIS UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 81-90, dec. 2019. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/694>. Date accessed: 21 nov. 2024.