Perbandingan Metode AHP dan SMART Pada Performance Appraisal Dosen untuk Pemberian Insentif Kinerja (Studi Kasus : Universitas Pembangunan Panca Budi)

Fachrid Wadly; Prihandok;

  • Fachrid Wadly

Abstract

Kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penunjang untuk meningkatkan produktivitas kinerja sebuah instansi, sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi dapat mendukung tingkat kinerja, dengan penilaian kinerja maka akan diketahui prestasi yang dicapai oleh setiap karyawan Pada Perguruan Tinggi Reward atau penilaian dalam bentuk insentif merupakan suatu bentuk tanda ucapan terima kasih kepada dosen atas dedikasi dan kinerja yang telah diberikan dosen kepada Perguruan Tinggi. Pada penelitian ini digunakan dua metode dalam pengambilan keputusan pemberian insentif berdasarkan penilaian kinerja. Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) dengan studi pada Dosen Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Pada tahap analisis dengan menggunakan kedua metode tersebut didapatkan hasil bahwa penilaian kinerja dengan menggunakan metode AHP hanya 3 Dosen dari 10 Dosen yang berhak mendapatkan insentif dengan keputusan penilaian 21,00 s/d 24,00 berhak mendapatkan insentif dan penilaian 0,00 s/d 20,00 tidak mendapatkan insentif. Analisis dengan menggunakan metode SMART didapatkan 4 Dosen dari 10 Dosen yang berhak mendapatkan insentif dengan keputusan penilaian 1,5 s/d 2,4 berhak mendapatkan insentif dan 0,00 s/d 1,4 tidak mendapatkan insentif. Dari hasil analisis data pada penelitian ini juga didapatkan hasil bahwa penilaian keputusan pemberian insentif lebih tepat menggunakan metode SMART dibandingkan
menggunakan metode AHP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-13
How to Cite
, Fachrid Wadly. Perbandingan Metode AHP dan SMART Pada Performance Appraisal Dosen untuk Pemberian Insentif Kinerja (Studi Kasus : Universitas Pembangunan Panca Budi). Jurnal Teknik dan Informatika, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-5, may 2019. ISSN 2089-5941. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/Juti/article/view/468>. Date accessed: 16 june 2024.
Section
Articles