Analisis Perancangan Sistem Rencana Pembelajaran Terpadu dalam Mendukung Efektivitas dan Mutu Pengajaran Dosen (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Panca Budi)

Isnar Sumartono; Harry Budi Santoso;

  • Isnar Sumartono

Abstract

Penelitian ini berjudul analisis perancangan sistem pembelajaran terpadu dalam mendukung efektifitas dan mutu pengajaran dosen. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap analisis perancangan sistem rencana pembelajaran terpadu yang bersumber dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan berintegrasi dengan proses presensi dosen yang terdapat pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Panca Budi. Tujuannya adalah untuk mempermudah proses pencatatan kehadiran dosen agar lebih efektif serta menyeragamkan penggunaan RPS bagi setiap dosen yang memiliki mata kuliah yang sama. Analisis perancangan sistem menggunakan metode Unified Approach (UA) dengan pengujian menggunakan white box testing dan black box testing. Penerapan Unified Approach (UA) dalam penelitian ini menghasilkan analisis dan perancangan prototype dari sebuah sistem yang layak untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan yang diharapkan. Penerapan sistem rencana pembelajaran terpadu yang bersumber dari RPS terbukti dapat menseragamkan rencana pembelajaran dan mengefektifkan proses presensi dosen dengan adanya pemanfaatkan barcode scanner sebagai pemindai dalam penginputan materi ajar secara sistematis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-13
How to Cite
, Isnar Sumartono. Analisis Perancangan Sistem Rencana Pembelajaran Terpadu dalam Mendukung Efektivitas dan Mutu Pengajaran Dosen (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Panca Budi). Jurnal Teknik dan Informatika, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 12-17, may 2019. ISSN 2089-5941. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/Juti/article/view/470>. Date accessed: 17 june 2024.
Section
Articles