Implementasi Data Mining untuk Memprediksi Itemset Promosi Penjualan Pada CV. Sumber Segar Utama
Nova Mayasari; Debi Yandra Niska; Erni Ronauli Samosir;
Abstract
Data mining yang diterapkan pada CV. Sumber Segar Utama untuk memprediksi itemset promosi. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan pengembangan strategi pemasaran. Algoritma yang
digunakan pada data mining ini adalah Algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth). Data yang diolah
pada Data Mining ini berupa data sampel dari data transaksi penjualan buah-buahan seperti apel, jeruk,
mangga, dan lain-lain dalam satu bulan, yaitu pada bulan Maret 2017. Pengolahan data transaksi penjualan tersebut bertujuan untuk melihat buah mana yang lebih diminati oleh pembeli, dan buah mana yang kurang diminati. Dengan mengetahui hal tersebut, pihak manajer pemasaran dapat meningkatkan promosi terhadap buah yang kurang diminati tersebut, sehingga transaksi penjualan pada CV. Sumber Segar Utama bisa meningkat.