PELAKSANAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) "BERSAMA SEI RAMPAH" DI DESA FIRDAUS KECAMATAN SEI RAMPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

  • Merry Agnes Mahasiswa Program Studi Magister Hukum, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Onny Medaline Dosen Program Studi Magister Hukum, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • T Riza Zarzani Dosen Program Studi Magister Hukum, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

Abstract

Urgensi pembentukan UU Desa adalah untuk memberdayakan masyarakat desa yang membuat desa mampu mengembangkan diri dengan potensinya. Untuk mencapai pembangunan nasional, desa merupakan lembaga pemerintah terkemuka yang dapat menjangkau kelompok-kelompok yang ingin sejahtera dengan membentuk BUMDes. Memperkuat kemandirian desa melalui undang-undang ini juga menempatkan desa sebagai subjek pemerintahan dan pembangunan yang benar-benar berangkat dari bawah (bottow up). Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan latar belakang pembentukan BUMDes yang kuat sesuai dengan tujuan dan prinsip keadilan sosial yang merupakan nilai dasar negara di Indonesia. Perumusan permasalahan yang akan menjadi bahan pembahasan, adalah: Bagaimana pelaksanaan BUMDes di Desa Firdaus? Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, Dalam penelitian ini penulis menganalisis data primer dan data sekunder untuk meninjau pelaksanaan Badan Usaha Milik Desa yang berlokasi di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Dalam kajian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan BUMDes telah berjalan cukup baik yang tergambar dengan perkembangan BUMDes dari tahun ke tahun dan sejalan dengan kesadaran masyarakat desa dalam memanfaatkan keberadaan BUMDes.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-21
How to Cite
AGNES, Merry; MEDALINE, Onny; ZARZANI, T Riza. PELAKSANAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) "BERSAMA SEI RAMPAH" DI DESA FIRDAUS KECAMATAN SEI RAMPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 10-18, dec. 2020. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/1095>. Date accessed: 19 apr. 2024.