ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI MSYARAKAT, KOORDINASI KELEMBAGAAN, PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR, KELEMBAGAAN EKONOMI TERHADAP PEMBANGUNAN DESA PAHLAWAN KECAMATAN TANJUNG TIRAM KABUPATEN BATUBARA

Saimara Sebayang; Syafriadi; Anggi Pratama Nasution; Ade Novalina;

  • Saimara Sebayang

Abstract

Tujuan jangka pendek penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang relevan dalam mempengaruhi peningkatan pembangunan desa, mengatahui pengaruh signifikan factor-faktor relevan tersebut terhadap peningkatan pembangunan desa Pahlawan Kec. Tanjung Tiram.  Target khusus dalam penelitian ini yaitu mengkaji peningkatan pembangunan desa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Semua faktor (Partisipasi Masyarakat, Koordinasi Kelembagaan, Pembangunan Infrastruktur, Kelembagaan Ekonomi,) relevan dalam mempengaruhi peningkatan pembangunan desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram. Faktor-faktor relevan tersebut berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pembangunan desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram. Materi penelitian ini mengunakan materi kuantitatif.  Materi kuantitatif berkaitan dengan data variabel independen yaitu partisipasi masyarakat, pembangunan infrastruktur koordinasi kelembagaan dan kelembagaan ekonomi dan variabel dependen yaitu peningkatan pembangunan desa.  Populasinya adalah seluruh kepala keluarga di desa Pahlawan sebanyak 1.452 orang dan sampel ditetapkan berdasarkan kuota sampling sebanyak 100 orang dengan teknik penarikan sampel berdasarkan kriteria. Analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Kuantitatif.  Analisis Kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Regresi Linier Berganda. Hasil analisis diharapkan dari keempat faktor yang dianalisis (partisipasi masyarakat, pembangunan infrastruktur, koordinasi kelembagaan, dan kelembagaan ekonomi) ditemukannya formulasi baru faktor yang lebih relevan mempengarui peningkatan pembangunan desa dan mengetahui signifikansi pengaruh faktor-faktor yang relevan tersebut terhadap peningkatan pembangunan desa Pahlawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-29
How to Cite
, Saimara Sebayang. ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI MSYARAKAT, KOORDINASI KELEMBAGAAN, PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR, KELEMBAGAAN EKONOMI TERHADAP PEMBANGUNAN DESA PAHLAWAN KECAMATAN TANJUNG TIRAM KABUPATEN BATUBARA. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 91-101, oct. 2018. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/345>. Date accessed: 21 feb. 2024.