TINGKAT STRESS DALAM MASA PANDEMI COVID-19

(Studi Kasus Bunuh Diri Pada Siswa Efek PJJ)

  • Donny Siburian Universitas Sumatera Utara

Abstract

Abstrak


Pandemi Covid 19 telah menjadikan banyak aspek kehidupan manusia berubah menyesuaikan dengan keadaan yang sedang terjadi. Pendidikan jarak jauh melalui jaringan (PJJ) sebagai cara yang dianggap paling relvan oleh pemerintah nyatanya memberikan sebuah fenomena baru ditengah-tengah pelajar. Mulai dari berdampak pada tingkat stress yang tinggi hingga berujung pada tindakan bunuh diri. Analisis sosiologis dalam tulisan ini berupaya mengeksplorasi secara kualitatif dan memberikan penjelasan terhadap fenomena bunuh diri di kalangan pelajar pada masa pandemic Covid 19 dengan menggunakan studi kasus dan teori bunuh diri oleh Emile Durkheim. Temuan memperlihatkan bahwa bunuh diri terjadi karena adanya gejala sosial yang terjadi dimana apabila seseorang tidak mampu mengikuti arus sosial atau perubahan.


 


 


The COVID-19 pandemic has changed many aspects of human life according to the current situation. Long Distance education through the online network (PJJ) has been considered as  the most relevant by the government to the education system in fact it provides a new phenomenon among students. Starting from the impact on high stress levels that lead to suicide. The sociological analysis in this paper is trying to explore by  qualitative approach and provide an explanation of the phenomenon of suicide among students during the Covid 19 pandemic by using the case studies and the theory of suicide by Emile Durkheim. The result  shows that suicide occurs as social symptoms that occur when a person is not able to follow social currents or changes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar Yuli Setianto, dkk. 2021. Sosiologi Pendidikan, Yayasan Kita Menulis.
Baety, Dwinda Nur & Munandar, Dadang Rahman. (2021). Analisis Efektifitas
Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Jurnal
Ilmu Pendidikan. 3(3). 880-889
Biroli, Alfan. (2018). Bunuh Diri Dalam Perspektif Sosiologi. Simulacra. 1(2). 215-221
Pawicara, Ruci & Conilie, Maharani. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap
Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember Di Tengah Pandemi
Covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi. 1(1), 29-38
Trisnawati, Wahyu & Sugito. (2021). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1). 823-831
Wardani, Anita & Ayriza, Yulia. Analisis Kendala Orang Tua Dalam Menghadapi Anak
Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
5(1). 772-782
Siswa Bunuh Diri Gara-Gara Daring
https://newsmaker.tribunnews.com/2020/10/30/terjadi-lagi-siswa-bunuh-diri-gara-gara-sekolah-daring-kpai-dia-tidak-kuat-menanggungnya-sendirian. Diakses pada 23-03-2021 pukul 15.15
Published
2022-12-11
How to Cite
SIBURIAN, Donny. TINGKAT STRESS DALAM MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 20 - 28, dec. 2022. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/3953>. Date accessed: 21 nov. 2024.